Beranda PEMERINTAHAN Belasan Dusun di Sumbawa Belum Teraliri Listrik

Belasan Dusun di Sumbawa Belum Teraliri Listrik

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 18 Dusun di Kabupaten Sumbawa hingga saat ini belum teraliri listrik. Dusun-dusun tersebut tersebar di 14 Desa, 9 Kecamatan yang ada. Demikian diungkapkan, Manager PT. PLN Area Sumbawa, Hamzah Hasanuddin.

“Masih ada wilayah kita yang belum teraliri listrik. Kalau desa seluruhnya sudah, tinggal dusunnya saja,” ujarnya yang didampingi Manager Bagian SDM dan Adminstrasi, Galih Febrianto, Ahad 14 Oktober 2018.

Adapun 18 Dusun ini diantaranya yaitu di Dusun Teluk Desa Bale Brang Kecamatan Utan, Dusun Stema Desa Labu Aji Kecamatan Labuhan Badas, Dusun Punik Desa Batu Dulang, Dusun Talagumung, Dusun Ai Lemak Desa Tepal, Dusun Batu Rotok, Dusun Ladan Desa Batu Rotok Kecamatan Batu Lanteh, Dusun Sampang A serta Dusun Sampang B Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk.

Berita Terkait:  Gubernur Janjikan Ibadah Haji Gratis bagi Tenaga Perawat di NTB

Kemudian Dusun Kalimango Desa Mokong, Dusun Kuang Amo Desa Sempe Kecamatan Moyo Hulu, Dusun Gunung Setia Desa Telaga, Dusun Kuang Jerongi Desa Lenangguar Kecamatan Lenangguar, Dusun Selage Desa Lebin Kecamatan Ropang, Dusun Lenang Belo Dusun Kenangi Dusun Muhajirin Desa Prode III Kecamatan Plampang dan Dusun Tero Desa Jotang Kecamatan Empang.

Diteragkan Hamzah-akrabnya disapa, masih adanya dusun yang belum teraliri listrik tersebut karena terkendala akses jalan. Karena untuk mengangkut peralatan dan jaringan listrik harus  menggunakan kendaraan besar.

Berita Terkait:  Surat Keterangan Bebas COVID-19 Diharapkan Merakyat

“Syaratanya akses jalan dulu kita harus siap. Disamping memudahkan membawa peralatan, memudahkan juga dari sisi pemiliharan,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal ini, pihaknya mempunyai program penerangan listrik perdesaan (Lisdes). Namun untuk memaksimalkan Lisdes dibutuhkan peran dari sejumlah pihak terkait, terutama Pemerintah Daerah dalam hal akses jalan.

“Kita akan terus upayakan agar semua wilayah hingga dusun-dusun terpencil bisa teraliri listrik. Kita juga terus mengkomunikasikan hal ini dengan Pemda,” terangnya. (NM3)