Beranda PEMERINTAHAN Tanda Tangan Elektronik Segera Diterapkan

Tanda Tangan Elektronik Segera Diterapkan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Mengikuti zaman ‘Go Digital’, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa segera menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) melalui sistem barcode.

Dengan adanya terobosan ini, maka dapat mempercepat proses pelayanan adiministrasi kependudukan (Adminduk).

Kepala Disdukcapil Sumbawa, Ir. H. Zulqifli menyebutkan, belum lama ini pihaknya mengikuti Rakornas di Makasar dalam rangka Dukcapil Go Digital.

Dalam pelayanannya, nantinya Dukcapil seluruh Indonesia harus sudah menerapkan tanda tangan secara elektronik. Paling lambat penerapannya dalam tahun ini.

Berita Terkait:  Layanan 9 Site BTS Ditingkatkan Menjadi 4G, Bupati Apresiasi Bakti Kemkominfo

“Paling lambat 2019 sudah melaksanakan. Mudahan minggu depan atau awal April saya sudah bisa laksanakan itu,” ujarnya kepada media ini, Senin (18/3) kemarin.

Menurutnya, penerapan TTE ini dapat memperlancar dan mempermudah layanan adminduk. Misalnya saat dirinya melakukan perjalanan dinas, tandatangan bisa dilakukan secara elektronik.

“Nanti kita tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Kalau dulu saya pergi ke luar daerah, stagnan pelayanan terutama yang butuh tandatangan basah saya. Ada banyak sekali berkas numpuk. Tetapi dengan diterapkan TTE nantinya tidak ada lagi kendala dalam pelayanan. Bisa dimana saja melakukan tandatangan, yang penting ada sinyal,” jelasnya.

Berita Terkait:  Rakor Pembangunan 2020, Bupati Husni Minta OPD Tingkatkan Kinerja

Saat ini, TTE ini masih dalam proses dan akan diupayakan penerapannya sengan segera. Sehingga diharapkan nantinya tidak ada lagi kendala dalam pelayanan yang dilakukan. (NM3)