Beranda PEMERINTAHAN Surat Suara Pemilu 2019, KPU NTB : Loteng Sudah Tiba, Lobar Menyusul!

Surat Suara Pemilu 2019, KPU NTB : Loteng Sudah Tiba, Lobar Menyusul!

BERBAGI
Keterangan Foto : Nampak sebuah kontrainer yang digunakan mendistrisbusikan surat suara pemilihan umum (pemilu) 2019. Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Mars Ansori Wijaya. (NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Surat Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk tahap awal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba pada Rabu malam (20/2), kemarin.

Logistik berupa surat suara yang dikemas dalam sejumlah dus tersebut dimuat menggunakan satu truk kontrainer dengan Nomor Plat Kendaraan : L 9771 UI.

Hanya saja, dalam pendistribusian tahap ini difokuskan untuk Kabupaten Lombok Tengah, sedangkan sisanya akan menyusul secara bergiliran.

“Surat suara untuk Lombok Tengah sudah tiba di Praya tadi malam (Rabu, 20/2) disaksikan langsung oleh Kapolres setempat. Dan pagi ini sedang proses pembokngkaran (KPU Loteng),” demikian dikatakan Sekretaris KPU Provinsi NTB, Mars Ansori Wijaya kepada media ini, Kamis (21/2).

Berita Terkait:  Gubernur NTB Turun Gunung Kroscek Sikon di Pelabuhan

Diterangkannya, pengiriman surat suara oleh KPU RI kata dia, mulai dilaksanakan tanggal 19 Februari 2019 lalu, yang mana telah di berangkatkan dari Surabaya melalui pihak rekanan langsung menuju ke Kabupaten/Kota.

Untuk berapa jumlah surat suara yang terdistribusi di Lombok Tengah, Ansori mengaku belum mengetahui secara pasti akan rinciannya. Sebab, hingga saat ini masih di lakukan proses pembongkaran.

“Belum di ketahui, karena masih proses bongkar. Nanti akan kami sampaikan,” tuturnya.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang diterima dalam waktu dekat ini sambung Ansori, akan menyusul pendistribusian surat suara bagi Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Berita Terkait:  24 Ribu KK Terdata Menerima BLT Dana Desa

“Untuk Lombok Barat akan menyusul, rencananya pada Sabtu besok (23 Februari 2019) akan di berangkatkan (Surat Suaranya),” terang Sekretaris KPU NTB ini.

Ditanyai apakah ada tahapan secara khusus yang menjadi prioritas pola pendistribusian surat suara di lakukan untuk NTB (Pulau Sumbawa-Lombok)?

Ia menjawab, bahwa sesungguhnya kontrak pengadaan sekaligus pendistribusian surat suara dilakukan oleh KPU-RI dan pihak rekanan.

Sedangkan pola pendistribusian juga lanjutnya, telah diatur dengan prioritas daerah terjauh dan tersulit.

Berita Terkait:  OPD Diminta Proaktif dan Bersinergi Pertajam Data Kemiskinan

Namun demikian, jika saat ini yang dikirim terlebih dahulu adalah Loteng dan Lobar merupakan hasil koordinasi bersama Biro Logistik.

“Hasil koordinasi kami dengan biro logistik, bahwa di pertimbangkan pula prioritas daerah yang pemilihnya cukup banyak, agar memiliki waktu yang banyak untuk melakukan sortir dan pengelolaan logistik,” demikian Mars Ansori Wijaya. (NM1)