Beranda PEMERINTAHAN Soal Kritikan Zero Waste, TGH Hazmi : Jawab Saja dengan Fakta!

Soal Kritikan Zero Waste, TGH Hazmi : Jawab Saja dengan Fakta!

BERBAGI
Anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi PPP : TGH Hazmi Hamzar.

MATARAM — Zero Waste atau bebas sampah adalah salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Hanya saja, program itu terus menuai kritikan pedas dari berbagai kalangan.

Selain dinilai tidak berdampak, kejelasan zero waste pun terus dipertanyakan oleh berbagai pihak. Padahal program tersebut disupport melalui anggaran APBD NTB.

Anggota DPRD NTB-TGH Hazmi Hamzar juga tak menampik bahwa pihaknya kerap mendengar kritikan-kritikan pedas yang disampaikan berbagai pihak belakangan ini terhadap program zero waste.

Berita Terkait:  Wagub Buka Seminar Pengelolaan Sampah

Oleh karenanya, ia menyarankan agar Pemprov NTB memberikan kejelasan serta menjawab dengan tegas terkait adanya berbagai kritikan belakangan ini yang terus disuarakan sejumlah pihak.

“Tunjukkan saja dari kritikan itu, ini loh jawabannya. Jawab saja dengan fakta. Supaya kita tidak saling menyalahkan. Kan program ini sejak dianggarkan sudah jelas,” saran Tuan Guru Hazmi menyarankan Pemprov NTB.

Dari berbagai kritikan, lanjut Anggota DPRD NTB yang duduk di Komisi V itu mengaku menangkap beberapa hal dasar yang dipertanyakan oleh sejumlah pihak.

Berita Terkait:  Duh, Sumbawa-KSB Masih Beda Penafsiran Soal Ini..!?

Contoh, kata dia, yang mempertanyakan sejauh apa, bagaimana dan seperti apa realisasi dari program zero waste itu sendiri. “Nah, dimana zero waste itu yang sudah diterapkan itu,?,” tuturnya.

“Apakah dia hanya penyuluhan-penyuluhan saja. Kalau lenyuluhan itu dimana? Kalaupun ada tempat kita nyalakan zero wasre itu dimana? Terus bagaimana hasilnya?,” imbuh Tuan Guru Hazmi.

Berbagai hal yang dipertanyakan itu, diakuinya cukup intens disuarakan berbagai pihak. Maka dari itu, ia menyarakan kepada pemprov segera bersikap. “Kan hanya itu saja (berbagai pertanyaan) yang dituntut oleh masyarakat sebetulnya. Tinggal dijawab saja,” saran politisi gaek asal PPP tersebut.

Berita Terkait:  Sumbawa Tawarkan Peluang Investasi ke Chairman BIMP EAGA Business Council

“Saran saya untuk menjawab kritikan-kritikan soal zero waste ini dijelaskan saja dimana. Program zero wastenya dimana? Kalaupun ada sampling-sampling (sampel/contoh) itu dimana. Kemudian ditempat itu program apa saja yang sudah dibuat. Bagaimana hasilnya. Kan tinggal tunjukkan itu saja,” demikian TGH Hazmi Hamzar. (red)