Beranda PEMERINTAHAN Siap Berkolaborasi, Kadis Perindustrian NTB Apresiasi Kunjungan Wabup Sumbawa

Siap Berkolaborasi, Kadis Perindustrian NTB Apresiasi Kunjungan Wabup Sumbawa

BERBAGI
Keterangan Foto : Wakil Bupati Sumbawa-Dewi Noviany saat bersilaturahim ke Dinas Perindustrian NTB disambut Kadis Perindustrian NTB-Nuryanti.

IKHTIAR BERSAMA BANGUN NTB MANDIRI DAN SEJAHTERA

MATARAM — Belum lama ini, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS) PD BPR NTB Sumbawa Tahun Buku 2020. Rapat ini terlaksana tepatnya di Ruang Rapat Anggrek lingkup Kantor Gubernur NTB pada Senin (3/5) lalu di Mataram.

Usai melaksanakan rapat tersebut, Wabup pun bergerak cepat memanfaatkan kesempatan yang sedang berada di Ibu Kota Provinsi NTB beberapa waktu lalu. Dengan gesitnya orang nomor dua di Sumbawa itu langsung melakukan kunjungan silaturahim ke sejumlah OPD lingkup Pemprov NTB.

Antara lainnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, dan Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Dikesempatan ini, Novi kerap Wabup Sumbawa disapa, mendiskusikan beberapa hal yang sekiranya dapat dilakukan sharing program dengan provinsi.

Yakni peluang-peluang kerjasama antara OPD di lingkup Pemprov NTB dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa. Hal ini dimaksudkan agar terjalin sinergitas dalam pelaksanaan program. Ini demi terwujudnya “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” sebagaimana visi yang diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2021-2026.

Wabup Sumbawa-Dewi Noviany yang dikonfirmasi juga membenarkan adanya kunjungan silaturahim tersebut pada Senin (3/5) lalu di Mataram. Diterangkannya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa adalah salah satu pemegang saham pada PD BPR NTB Sumbawa dan KSB. Oleh karenanya, mewakili Bupati Sumbawa, ia menghadiri RUPS ini. “Kemarin saya mewakili Bapak Bupati untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham di Kantor Gubernur NTB,” kata Novi, Kamis (5/5).

Berita Terkait:  BUMN Bersinergi Bangun 1.700 Rumah Tahan Gempa

Ia pun tak menampik bahwa telah mengunjungi beberapa OPD lingkup Pemprov saat itu dalam rangka silaturahim. Itupun dilakukan usai mengikuti RUPS. “Walaupun tidak ada agenda resmi, tapi mumpung saya sedang berada di Mataram, maka saya sempatkan waktu untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi di beberapa dinas lingkup provinsi,” ungkap Wabup.

Dia menegaskan, bahwa dalam melakukan perubahan maupun percepatan pembangunan di Kabupaten Sumbawa tidak bisa sendiri. Melainkan, kata Novi, harus pula dibarengi dengan kolaborasi. “Kita butuh bersinergi dengan dinas-dinas dilingkup Provinsi,” tegas Wabup. “Karena selain pemerintah pusat, kerjasama dengan dinas-dinas di provinsi juga kita perlukan untuk percepatan pembangunan di daerah kita,” demikian Dewi Noviany menambahkan.

Untuk diketahui, khusus kunjungan Wabup Sumbawa di Dinas Perindustrian NTB juga disambut langsung dengan hangat oleh Kepala Dinas, Nuryanti. Turut pula mendampingi Kepala UPTD Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) Dinas Perindustrian NTB, Aryanti Dwiyani, Direktur STIPark Banyumulek Roni Yuhaeri dan Direktur STP (Sumbawa Tekno Park ) Kiki Yulianto bersama Irwandi saat menerima Kunjungan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Didampingi Bupati Najmul, Gubernur NTB Resmikan Dua Masjid di KLU

Berkaitan dengan kunjungan silaturahim Wabup Sumbawa, Kadis Perindustrian menyambut baik. Terlebih dengan adanya harapan dari Wabup Novi untuk berkolaborasi. Nuryanti menegaskan, bahwa pihaknya akan terus dan intens mendampingi Pemda Kabupaten/Kota. Sehingga roadmap industri bisa diperdakan tahun 2021.

“Insya Allah, sinergi dan kolaborasi akan menjadi semangat ikhtiar bersama dalam membangun NTB Mandiri dan Sejahtera,” kata Kadis Perindustrian NTB. “Alhamdulillah, sinergisitas Pemkab dengan Pemprov NTB menjadi suatu yang indah dengan hadirnya Wakil Bupati Sumbawa ke Dinas Perindustrian NTB. Tentu kami mengapresiasi atas inisiatif beliau (Wabup Sumbawa),” ucapnya lagi.

Nuryanti juga mengungkapkan sedikit diskusi yang berlangsung pada saat silaturahim tersebut. Yakni bagaimana mensinergikan program unggulan NTB khususnya industrialisasi dengan Kabupaten Sumbawa. Menurut dia, Sumbawa memiliki embrio ekosistim industri yang kondusif untuk bangun iklim industrialisasi yang akan menjadi style masyarakat sumbawa khususnya. Antara lain hadirnya STP (Sain Teckno Park) Sumbawa.

Dimana satu-satunya Kabupaten yang memiliki STP di Provinsi NTB dari 100 STP yang ditargetkan Presiden RI H Joko Widodo (Jokowi) sejak periode kepemimpinan sebelumnya. “Peran STP Sumbawa sebagai triger industrialisasi perlu lebih digenjot dan didukung Pemda, sehingga menjadi mitra stategis Pemda Sumbawa,” kata Kadis. “STIP NTB tentunya akan siap bersinergi.
Hadirnya STP Sumbawa yang kebetulan bersamaan dengan Wakil Bupati Sumbawa menjadi momentum kolaborasi pentahelix dalam bangun industrialisasi NTB,” tambah Nuryanti.

Berita Terkait:  Pengelola DAK Diminta Intens Sampaikan Laporan

Oleh karenanya, ia mendorong agar Pemda Sumbawa segera memiliki Rencama Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) Sumbawa dengan mengacu kepada RPIP NTB dan RIPIN (Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional). “Melaui roadmap RPIK inilah kolaborasi dan sinergi dimulai, sehingga perencanaan dan implementasi RPIK berkesinambungan. Harapan kami juga demikian dengan Kabupaten/Kota lainnya di NTB,” katanya.

“Sehingga tahun 2021, ditargetkan semua Kabupaten/Kota sudah memiliki RPIK sebagai amanat UU No 3 tahun 2014 tentang Perindustrian. Dimana dalam pasal 10 ayat 1 bahwa Gubernur menyusun RPIP dan pasal 11 ayat 1 bahwa setiap Bupati/Walikota menyusun RPIK,” demikian Kadis Perindustrian NTB.

Sekedar informasi, sebelumnya adapun pesan khusus yang disampaikan Kadis Perindustrian kepada UPTD Balai Kemasan Produk Daerah. Ditegaskan, bahwa Balai Kemasan sebagai UPTD Dinas Perinduatrian juga akan bersinergi dengan Pemda Sumbawa juga Pemda lainnya di NTB.

“Khusunya kemasan-kemasan kuliner lokal khas Pulau Sumbawa guna menyongsong even MotorGP Mandalika. Sebagai daerah penyangga Mandalika di Pulau Sumbawa. Kami mendorong pembangunan Balai Kemasan di Kabupaten Sumbawa yang diusulkan oleh Pemda Sumbawa ke Kementrian Perindustrian tahun 2021 ini. Mumpung momen Musrenbangnas dan usulan DAK tahun 2022 saat ini sedang berproses,” tutup Nuryanti. (*)