Beranda PEMERINTAHAN Sejumlah Pejabat Digeser, Hasan Basri Sekda Sumbawa

Sejumlah Pejabat Digeser, Hasan Basri Sekda Sumbawa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bupati Sumbawa Husni Djibril melantik secara resmi Hasan Basri menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa definitif, Rabu (28/8) kemarin.

Pengambilan sumpah jabatan terhadap pria yang kerap disapa Haji Bas itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 128 Tahun 2019.

Secara bersamaan, selain pelantikan Sekda, Bupati Husni juga melantik dua orang Pimpinan OPD. Mereka adalah Irin Wahyu Indarni dan Sahabuddin.

Irin kini secara resmi menjadi Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan. Sedangkan Sahabuddin sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Sumbawa.

Bahkan adapun pejabat sejumlah pejabat lain lingkup Pemkab Sumbawa yang digeser. Diantaranya Zainal Arifin kini menjadi Sekretaris Dinas Pemadam Kabupaten Sumbawa dan jabatan sebelumnya sebagai Kabag Pembangunan dijabat oleh Usman.

Kemudian Camat Moyo Hilir dijabat Hartono, Camat Maronge-Heri Harianto Dias, Camat Alas kini ditempati oleh Lutfi Makki.

Berita Terkait:  Zainal Abidin Pjs Bupati Sumbawa

Kemudian, Camat Rhee dijabat Lukmanudin dan Inspektur Pembantu Inspektorat Sumbawa, Armawan Jaya sekaligus Sekdis Pertanian Sumbawa dijabat Rusmin Junaidin.

Dalam sambutannya, Bupati Husni menyampaikan selamat kepada ASN yang dilantik dan diharapkan dapat mengemban amanah kewajiban dan tanggung jawab ditempat yang baru.

“Saya yakin bahwa sahabat sekalian memiliki kompetensi, memiliki kepedulian dan bersedia bekerjasama untuk menyukseskan berbagai agenda, program dan kegiatan pemerintahan kedepan,” ujar Bupati.

Dikatakannya, ada mekanisme baru dalam proses penetapan jabatan tersebut, dimana merujuk pada undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (PNS).

Dimana mengamanatkan untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah/Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS.

Tentunya dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lain.

Yaitu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antar kabupaten/kota dalam satu provinsi.

Berita Terkait:  Tahun Ini, Termasuk Sekda dan Sembilan Pimpinan OPD di Sumbawa Pensiun!

Untuk itu lebih lanjut dijelaskan Bupati Husni, bahwa dalam proses dimaksud, sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Maka ia selaku pembina kepegawaian berkoordinasi dengan unsur terkait, membentuk panitia seleksi untuk selanjutnya melaksanakan tugasnya mulai dari pengumuman seleksi hingga pada memberikan rekomendasi terhadap calon Sekretaris Daerah yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja keras dari panitia seleksi dan seluruh pihak, akhirnya pada hari ini (kemarin, red) Kabupaten Sumbawa kembali memiliki seorang sekretaris daerah definitif,” ucap Bupati.

“Saya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia seleksi yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik,” imbuhnya.

Berita Terkait:  Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019 Disetujui Jadi Perda 

Lebih lanjut dikatakan Bupati, penetapan seseorang pada suatu jabatan tertentu sejatinya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan, terhadap kredibilitas seseorang untuk menduduki jabatan tersebut.

Kepercayaan dan pengakuan tersebut menurut dia, merupakan suatu kehormatan yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggung jawab. Sehingga harus ditunaikan dan dilaksanakan.

Diakhir sambutan, Bupati mengajak seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah, untuk terus bersinergi dan berkoordinasi yang lebih produktif antar seluruh perangkat daerah.

Pada kesempatan itu pula, ia mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tulus, kepada Muhammad Ikhsan yang telah menjalankan tugas dengan sangat baik sebagai Penjabat (Pjs) Sekda Sumbawa, kurun waktu 11 Juni hingga 28 Agustus 2019.

“Selamat bekerja dan berkarya, selamat memberikan pengabdian terbaik bagi daerah, bangsa dan negara tercinta,” demikian Bupati Sumbawa. (NM3)