Beranda PEMERINTAHAN Realisasi Pembangunan Fisik TW I Masih Rendah

Realisasi Pembangunan Fisik TW I Masih Rendah

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Realisasi anggaran pembangun fisik pada triwulan pertama (TW I) di Kabupaten Sumbawa masih rendah. Yakni dari target sebesar 20 persen hanya mencapai sekitar 10,50 persen.

Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, Zainal Arifin M.Si mengatakan, ada beberapa penyebab masih minimnya realisasi anggaran pembangunan fisik di tahun 2019.

Diantaranya seperti adanya pekerjaan yang masih dalam proses penyelesaian perencanaan, pembangunan yang menggunakan dana cukup besar dan meningkatnya dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan fisik.

Berita Terkait:  Pasca Kebakaran, Pemda Sumbawa Siapkan Posko Informasi

“Realiasi tahun 2019 capaiannya baru 10,50 persen, kalau tahun 2018 mencapai 11,80%. Perbandingan di tahun ini agak rendah, selisih hanya 1 persen. Data ini yang kami laporkan ke pusat melalui aplikasi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/4).

Diakuinya, realisasi pada TW I memang cukup berat. Karena rata-rata pekerjaan tersebut dalam persiapan adminisitrasi. Termasuk juga baru mulainya proses perencanaan.

Selain itu, pada TW I deviasi terjadi sebesar 47,50 persen. Terhadap hal ini pihaknya akan mengejar ketertinggalan di TW II dan III, seperti tahun sebelumnya.

Berita Terkait:  H. Ikhsan Dilantik Sebagai Penjabat Sekda Sumbawa

“Pada triwulan kedua dan ketiga kita harapkan tertutupi itu. karena pada TW 2 sekitar bulan Juli, masuk TW 3 sudah terpotret semuanya. Dari tahun kemarin juga seperti itu,” jelasnya.

“Yang jelas triwulan dua dan tiga kita genjot sehingga deviasinya kecil. Itu yang kita genjot karena itu rata-rata pekerjaan fisik. Termasuk fisik kita yang paling besar seperti Pasar Seketeng dan Rumah Sakit,” tambahnya. (NM3)