Beranda PEMERINTAHAN Plt Bupati Lotara Monev Pemdes di Bayan dan Kayangan

Plt Bupati Lotara Monev Pemdes di Bayan dan Kayangan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lombok Utara (Disingkat-Lotara, Red) H Sarifudin melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan dan Desa di Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kayangan, kemarin.

Turut mendampingi Plt Bupati monev diantaranya, Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan Setda KLU Kawit Sasmita, Kalak BPBD Muhadi, Kadis DP2KBPMD H Kholidi MM, Kadis Sosial PPA Faisol, dan beberapa Kepala Bagian unsur Setda KLU.

Plt Bupati Lombok Utara H Sarifudin, mengawali sambutannya memberikan apresiasi kepada Camat Bayan yang menggambarkan kondisi di Kecamatan Bayan dengan rinci dan gamblang, sebagai bahan dalam penyelesaian masalah-masalah yang berkembang di Kecamatan Bayan.

Berita Terkait:  Ini Pimpinan DPRD KLU 2019-2024 

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah desa khususnya pada proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa oleh kepala desa kerap menjadi perdebatan.

“Saya ingin mendengar secara langsung, persoalan dari masing-masing desa sehingga apa kebijakan yang ada di Pemda, seimbang dengan informasi di desa. Selain terkait dengan isu Jaminan Hidup (Jadup) yang akhir-akhir ini menjadi trending topik, mesti segera dipastikan seperti apa perkembangannya,” tuturnya.

Selain hal-hal krusial di atas, Plt Bupati menyoroti pula pilkada yang menjadi tanggung jawab pemerintah, untuk mengendalikan kondisi dan situasi demi lancar dan amannya pelaksanaan pilkada di KLU.

“Melihat kondisi KLU yang pilkadanya pada masa pandemi, tentu kegigihan satgas covid dan penyelenggara pemilu, dalam rangka memutuskan mata rantai penularannya. Sekaligus saya mengimbau masyarakat agar terus dalam protokol covid,” tandasnya.

Berita Terkait:  Komit Tangani Corona, Lanal Mataram Juga Dukung Program Pemprov NTB

Sementara itu, Camat Bayan Intiha menyampaikan berkaitan dengan Pilkada jumlah TPS di Kecamatan Bayan berjumlah 128 TPS, DPT sebanyak 36.885 jiwa terdiri dari 18.304 pemilih laki-laki dan 18.551 pemilih perempuan. Sementara hal lainnya, realisasi PBB di Kecamatan Bayan terealisasi masih di bawah 1 miliar rupiah dari target 1 miliar 240 juta rupiah lebih.

Secara terpisah, Sekretaris Camat Kayangan Negasip SSos, ketika menerima kunjungan Plt Bupati Lombok Utara menyatakan terima kasih telah diberikan mobil pemadam kebakaran yang membantu dalam menangani kebakaran di Kecamatan Kayangan.

Berita Terkait:  Gubernur NTB “Tantang” Para Insinyur PII Bali-Nusra

Disampaikannya pula bahwa Kecamatan Kayangan sekarang sudah menjadi 10 desa dan dua desa pemekaran telah definitif. Sedangkan persoalan kekeringan terjadi di Desa Salut dan Kayangan yang perlu solusi terutama pada musim kemarau.

Rangkaian acara berjalan lancar dengan penyerahan santuan kematian dari Dinas Sosial oleh Plt Bupati kepada empat orang ahli waris yang keluarganya meninggal dunia.

Acara monev diakhiri dengan sesi dialog bersama pimpinan dan perangkat desa se-Kecamatan Kayangan. Adapun agenda roadshow selanjutnya direncanakan di Kecamatan Gangga, serta berakhir di Kecamatan Pemenang dan Kecamatan Tanjung. (red)