PEMERINTAHAN

PKK Diharapkan Jadi Garda Terdepan Sukseskan Pengembangan PAUD

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah mengatakan bahwa keberadaan PKK diharapkan menjadi garda terdepan dari kesuksesan program pengembangan PAUD.

“Percayalah kalau kita bersinergi, semua program bisa terlaksana. Dan saya sangat optimis akan itu,” ungkapnya saat membuka kegiatan Pembentukan Tim Koalisi Pengembangan PAUD Berkualitas NTB dan Pembukaan Pelatihan Mentor di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Rabu (21/11).

Disampaikan orang nomor dua di NTB ini, PAUD adalah salah satu objek yang harus diintervensi dengan serius. Sebab, hal ini berbicara penanganan di hulu. Menurutnya, apa yang dilakukan PKK sudah sangat tepat.

Baca Juga:  ORI NTB Temukan Penyimpangan Dalam Seleksi PPPK Bima 2023

“Mudah-mudahan kita semua bisa bersinergi dengan baik, sebab tidak ada yang bisa kita kerjakan sendiri,” kata Hj Rohmi.

Sementara itu, Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati dalam arahannya menyampaikan harapannya agar anak PAUD di NTB dapat tumbuh dan berkembang sesuai tahapan perkembangannya.

Beberapa aspek yang ingin dicapai adalah aspek secara fisik, sosio-emosional, literasi dan numerasi, dan kemampuan belajar. “Yang menjadi pemangku kepentingan pada poin ini adalah guru, orang tua dan tenaga kesehatan. Tujuannya adalah dengan adanya kegiatan ini, ada peningkatan kapasitas dari pemangku kepentingan, utamanya dari guru dan orang tua. Nantinya akan ada pelatihan untuk guru dan orang tua,” jelas Hj. Niken.

Baca Juga:  Pj Gubernur NTB Sampaikan LKPJ 2023

Selanjutnya, para mentor PAUD yang telah melewati tahap seleksi, akan melaksanakan pelatihan selama tiga hari di Gedung TP. PKK NTB. Terdapat 50 desa Prioritas Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (P3K).

Sebelumnya, Ketua Panitia Hj. Sumiati Yusuf, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini didasari keputusan Gubernur NTB 050.13-510 tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinanan dan Program Kerja PKK. Tujuannya adalah mensukseskan kualitas paud di 50 desa, yang tersebar di 10 kab kota se- NTB,  serta memberi dukungan kepada mentor Paud dalam rangka pengembangan Paud berkualitas.

Baca Juga:  Fraksi PKB Soroti Realisasi Pembangunan Jembatan Putus

Turut hadir Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota se-NTB. Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU, dengan instansi terkait, Dinas Kebudayaan NTB, Dinas Kesehatan NTB, BP Paud Dikmas NTB, Kementerian Agama NTB, Ketua TP. PKK NTB, disaksikan oleh Wagub NTB.

Suksesnya kegiatan ini adalah inisiasi TP. PKK NTB yang telah bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan, Kampus Guru Cikal, dan Keluarga Kita. (NM1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini