Beranda PEMERINTAHAN Petambak Budidaya Diidentifikasi Ulang

Petambak Budidaya Diidentifikasi Ulang

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Sumbawa akan mengidentifikasi ulang para petambak budidaya.

Identifikasi ini sebagai upaya memperbarui data sekaligus menghitung nilai investasi. Sehingga diperoleh sebuah informasi yang lengkap sebagai salah satu daya tarik bagi investor untuk berinvestasi.

“Insya Allah besok kita mulai turun identifikasi ulang para petambak budidaya. Seluruhnya dari Bagian Barat sampai Timur kita data ulang, kita hitung investasinya. Apakah itu budidaya sifatnya  tradisional sampai intensif. Kita lihat juga dari segi sistem budidayanya,” kata Kepala Dislutkan Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengendalian Usaha Perikanan, Zulkifli, S.Pi., M.Si, Kamis (20/2).

Berita Terkait:  Gubernur Sambangi Kepala Ombusdman NTB

Diakuinya, identifikasi ini akan dilakukan selama sebulan lebih. Tujuannya selain untuk memperbarui data juga untuk menghitung nilai investasi terhadap petambak budidaya. Dari situ nantinya bisa didapatkan sebuah informasi termasuk sistem budidaya yang dituangkan dalam buku investasi. Dengan melihat buku tersebut, diharapkan investor yang berencana menanamkan investasinya bisa tertarik.

“Golnya sebuah informasi. Bisa juga disitu sistem budidayanya. Ini sasarannya ke investor. Kalau investor ingin melakukan budidaya di bidang tambak itu, nilai investasinya jelas. Informasinya lengkap, sehingga investor yang datang tertarik berinvestasi,” jelasnya.

Berita Terkait:  PPPK Masih Belum Bisa Menerima Gaji

Nantinya, lanjutnya, identifikasi ini tidak hanya terhadap budidaya tambak. Ke depannya kemungkinan juga dilakukan terhadap budaya laut lainnya. Diantaranya budidaya rumput laut.

“Kemungkinan ke arah sana juga (budidaya rumput laut red). Supaya orang yang ingin berinvestasi itu mendapatkan informasi yang lengkap. Ini yang coba kita hitung supaya ini ada nilai jual,” pungkasnya. (red)