Beranda PEMERINTAHAN Penyaluran DD Tahap II di Sumbawa Hampir Rampung

Penyaluran DD Tahap II di Sumbawa Hampir Rampung

BERBAGI
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hampir semua desa di Kabupaten Sumbawa mencairkan Dana Desa (DD) tahap kedua sebesar 40 persen tahun 2019 ini. Dari 157 desa, hanya tersisa dua desa yang masih terkendala.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si menyebutkan, dana desa tahap kedua tahun 2019 sudah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak awal Juli lalu.

Saat ini, dari 157 desa yang ada, 155 diantaranya sudah disalurkan. Tersisa dua desa yakni Desa Jorok Kecamatan Utan dan Desa Lape Kecamatan Lape yang masih terkendala. Karena ada rekomendasi dari Inspektorat terkait penundaan pencairan.

Berita Terkait:  Dituding Tak Mampu Selesaikan Persoalan, SBSI Usulkan Dinasker KSB Ganti Nama

“Sampai saat ini, dari 157 desa sudah 155 desa yang sudah disalurkan. Tinggal dua desa yang belum yakni Desa Jorok Utan dan Lape. Karena masih ada rekomendasi dari Inspektorat terkait penundaan pencairan,” ujarnya, Rabu (10/7).

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan monitoring terhadap dua desa yang masih ditunda pencairannya.

Guna mengetahui apakah kedua desa tersebut sudah menindaklanjuti temuan Inspektorat terhadap penggunaan dana desa tahun sebelumnya.

Hasil monitoring, Desa Jorok sudah melakukan penyelesaian. Bukti penyelesaian tersebut juga sudah disampaikan.

Berita Terkait:  Wagub NTB : Jangan Luarnya Saja, “Huntap” Harus Kuat dan Bagus!

Informasi ini juga akan disampaikan ke Inspektorat sebagai dasar dicabutnya rekomendasi penundaan.

Sehingga dalam waktu dekat bisa dilakukan pencairan DD tahap pertama dan kedua. Sedangkan Desa Lape masih dalam proses dan masih ada sebagian yang belum diselesaikan.

“Desa Jorok dalam  waktu dekat bisa disalurkan. Karena kewajiban atas rekomendasi temuan inspektorat sudah diselesaikan. Kemungkinan  kita akan salurkan tahap satu dan dua untuk Desa Jorok. Kemudian Desa Lape hasil monitoring kami masih dalam proses penyelesaian. Ada masih sisa sebagian belum diselesaikan.  Katanya mereka akan menyelesaikan dalam minggu ini,” terangnya.

Berita Terkait:  H. Ikhsan Dilantik Sebagai Penjabat Sekda Sumbawa

Pihaknya berharap, desa dapat menggunakan anggarannya sesuai dengan peruntukan. Karena dalam pelaksanaan anggaran juga sudah ada dalam APBDes yang disampaikan. (NM3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here