Beranda PEMERINTAHAN Penurunan Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Mulai Berlaku

Penurunan Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Mulai Berlaku

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memberlakukan penurunan tarif dasar listrik bagi pelanggan golongan R-1 900 VA non subsidi (Rumah Tangga Mampu) sebesar Rp. 52/kWh per 1 Maret lalu. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk  memudahkan masyarakat atau pelanggan PLN dalam menikmati listrik dengan mudah dan murah.

Manager PLN UP3 Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Manager Bagian Administrasi, Galih Febriantoro membenarkan hal tersebut. Dikatakan, dengan pemberlakuan penurunan tarif ini, maka pelanggan golongan 900 VA non subsidi hanya membayar listrik sebesar Rp. 1.300 per kiloWatt hour (kWh) dari tarif normal sebesar Rp. 1.352 per kWh.

Berita Terkait:  Sambut MotoGP 2021, Pemprov Bangun Rumah Sakit Khusus di Mandalika

“Diskon mulai berlaku sejak 1 Maret dan berakhir sampai waktu yang belum ditentukan,” ujarnya, Selasa (5/3).

Dijelaskan Galih-akrabnya disapa, ada dua kategori untuk golongan daya 900 VA. Yang pertama daya 900 VA RTM Non Subsidi, kemudian yang kedua daya 900 VA subsidi, yakni pelanggannya masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

“Jadi,  diskon Rp. 52/kWh ini hanya untuk daya 900 VA RTM non subsidi. Awalnya tarif untuk golongan ini masih agak rendah. Beberapa waktu yang lalu, waktu ada kenaikan tarif, tarifnya ikut bersamaan dengan yang 1.300 VA. Sehingga Sekarang khusus golongan 900 VA RTM ini mendapatkan diskon tarif.  Sementara, bagi golongan 900 biasa yang masuk dalam Basis Data Terpadu, tarifnya, masih tarif subsidi,” jelasnya.

Berita Terkait:  Bupati Lobar Siap Ikuti Pemeriksaan LKPD 2019

Selain memberikan diskon/penurunan tarif, ungkap Galih, PLN juga memberikan diskon penambahan daya dari 200 VA s/d 197 VA, dan  diskon biaya pasang baru. Untuk penambahan daya, PLN memberikan diskon 50  persen. Diskon penambahan daya ini berlaku sejak 1 Maret s/d 1 April.

“Apabila pelanggan memiliki kompor listrik atau motor listrik, dia bisa mendapatkan 70 persen diskon tambah daya. Sedangkan bagi pelanggan yang punya mobil listrik dia mendapatkan diskon 100 persen. Diskon ini berlaku sampai 31 Desember,” tutupnya. (NM3)

Berita Terkait:  BAZNAS Diharap Jadi Garda Terdepan