Beranda PEMERINTAHAN Pengawasan SDKP Dimaksimalkan

Pengawasan SDKP Dimaksimalkan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Jum’at (9/10) kemarin, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi NTB mengundang Penyuluh dan Pokmaswas Se-Pulau Lombok.

Pertemuan atau silaturahim itu terlaksana tepatnya di Ruang Mutiara Kantor DKP Provinsi NTB. Turut pula hadir, Kepala DKP NTB, H Yusron Hadi didampingi Kabid P2SDP3K, Beny Iskandar serta Kasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Sugianur.

Secara bersama, melalui kesempatan itu mereka nampak berdiskusi seputar kegiatan para Penyuluh dan Pokmaswas terkait dengan pengawasan.

Berita Terkait:  Bupati Najmul : "Tutuplah Peluang Saling Menyalahkan dan Mari Saling Melengkapi"

Kepala DKP NTB, H Yusron Hadi mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperkuat legalitas Pokmaswas yang aktif membantu Dinas dalam upaya pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dalam bentuk penerbitan SK.

Dia menilai perlunya sinergitas dan koordinasi antara Penyuluh, Pokmaswas, serta Dinas untuk memperkuat pengawasan di Provinsi NTB serta penting juga ketiga unsur ini untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat nelayan untuk selalu menangkap ikan tanpa menggunakan cara-cara yang dapat merusak ekosistem laut.

Berita Terkait:  Doktor Zul Resmikan BLKLN di Lombok Tengah

“Untuk memperkuat sinergitas serta koordinasi ketiga unsur tersebut maka dirasa perlu untuk dibuatkan Whatsapp grup untuk memudahkan diskusi serta koordinasi jarak jauh seputar hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (SDKP) di Provinsi NTB,” kata Yusron Hadi.

Sementara itu, Kepala Bidang P2SDP3K DKP NTB Benny Iskandar menyampaikan bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dalam hal ini Bidang P2SDP3K siap mendengarkan serta menampung apa saja yang menjadi kendala.

Berita Terkait:  Sumbawa Dapat DAK Rp 3,6 Miliar

Termasuk pula, masih kata dia, yaitu terkait keluhan, saran, ataupun program yang mungkin bisa difasilitasi oleh pihaknya. “Insya Allah kami siap membantu dan memfasilitasi,” ucapnya.

Sekedar informasi, pertemuan juga membahas peningkatan peran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga sumber daya alam di sektor Kelautan dan Perikanan di wilayah masing-masing. (red)