Beranda PEMERINTAHAN Pemda Sumbawa Tekankan Utilitas Dijalan Garuda Segera Dituntaskan

Pemda Sumbawa Tekankan Utilitas Dijalan Garuda Segera Dituntaskan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Demi segera dilanjutkannya proyek Jalan Garuda, Pemkab Sumbawa menekankan agar seluruh utilitas milik perusahaan yang ada di kawasan setempat segera direlokasi, paling lambat hingga bulan Oktober 2019 mendatang.

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya mengatakan, sehubungan dengan percepatan lanjutan penanganan akses Jalan Garuda, pihaknya melakukan pertemuan bersama sejumlah pihak terkait beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Dinas ESDM NTB tersebut, Pemkab Sumbawa menekankan agar utilitas yang ada dapat segera dipindahkan

Berita Terkait:  Dislutkan NTB Dilibatkan Rancang PMK Pengelolaan Hasil Laut

“Intinya kami Pemkab Sumbawa memberikan sedikit penakanan kepada PLN Cabang Sumbawa melalui PLN Wilayah dan Dinas ESDM agar pelaksanakan pemindahan atau pergeseran tiang dari kantor Bulog sampai dengan jembatan Pelempit di depan Rumah Sakit akan bisa dilaksanakan tuntas bulan Oktober 2019. Karena apabila utilitas itu masih, itu akan menjadi bagian yang tidak bisa dilaksakan nanti oleh Satker APBN,” ujarnya, Selasa (7/5).

Diungkapkannya, utilitas yang paling banyak di wilayah setempat milik PLN dengan jumlah tiang sekitar 27 unit. Terhadap permintaan relokasi ini, lanjutnya, respon PLN sendiri cukup baik. Dimana PLN yang merupakan institusi BUMN memiliki atasan dan harus meminta izin terlebih dahulu. Selain PLN, ada juga utilitas yang dimiliki oleh perusahaan lainnya seperti Telkom, Bank dan PDAM.

Berita Terkait:  Postur Rancangan APBD NTB TA 2019

“Harus sangguplah sampai Oktober harus tuntas semua utilitas. Termasuk Telkom juga, ATM. PDAM nanti bersamaan dengan proyeknya, karena dia kan harus mengeruk tanahnya,” jelasnya.

Selain terkait utilitas, tambahnya, Pemkab Sumbawa melalui Bagian Pembangunan Setda Sumbawa juga sudah bersurat ke masyarakat yang belum melakukan pembongkaran, untuk melakukan pemindahan dengan segera. Sehingga nantinya ketika proyek dikerjakan sudah tidak ada lagi halangan.

“Karena Jalan Garuda ini yang belum tuntas sepanjang 1,3 kilometer dari 2,8 kilometer yang ada di Kota Sumbawa. Kalau Jalan Garuda ini aksesnya sudah bagus, maka  otomatis kota akan hidup, akan menjadi bagian dari perkembangan suatu Kabupaten. Karena apabila orang masuk ke kota, melihat itu bagus dan bersih, mudah-mudahan akan menjadi bagian dari pendukung pariwisata kita,” pungkasnya. (NM3)

Berita Terkait:  18 Mahasiswa Penerima Beasiswa Dilepas Gubernur NTB