Beranda PEMERINTAHAN Mulai Dibuka, Seleksi Sekda Sumbawa Bisa Diikuti Peserta Luar Daerah

Mulai Dibuka, Seleksi Sekda Sumbawa Bisa Diikuti Peserta Luar Daerah

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Tim Pansel mulai membuka seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, sejak Senin (24/6) lalu. Tidak hanya bagi ASN di Kabupaten Sumbawa, seleksi JPT Sekda ini juga dapat diikuti oleh peserta asal daerah lain lingkup Provinsi NTB.

Pembukaan seleksi JPT Sekda Sumbawa sendiri dibuka bersamaan dengan jabatan dua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lowong. Yakni untuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Sumbawa dan Dinas Pol PP Sumbawa.

Penjabat Sekda Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd mengatakan, Tim Pansel sudah ditetapkan sebanyak lima orang. Mereka seluruhnya terdiri dari eksternal, karena adanya pengisian untuk posisi Sekda Sumbawa. Sehingga tidak boleh jika eseon II B melakukan pansel terhadap eselon lebih tinggi.

Berita Terkait:  Pekan Depan, RSUD Sumbawa Mulai Terima Pemeriksaan Kesehatan CTKI

“Tim pansel sudah ditetapkan 5 orang semuanya dari ekternal karena yang diseleksi termasuk Sekda. Sehingga tidak boleh eselon II B mempansel eselon diatasnya. Karena jabatan sekda eselon II A,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/6).

Dijelaskannya, seleksi dilakukan secara terbuka. Namun khusus JPT Sekda bisa diikuti oleh ASN luar daerah Sumbawa lingkup Provinsi NTB, bila memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

“Terbuka untuk seluruh Kabupaten di dalam Provinsi. Bisa dari Kabupaten lain dan ASN di Dinas Provinsi. Yang penting dia memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes seleksi Sekda,” tambahnya.

Berita Terkait:  Ramah Tamah Pemkot dan Kejari Mataram

Sementara Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Penelitian (BKPP) Sumbawa, Arief Hidayat, S.STP., M.si menyebutkan, untuk jabatan Sekda persyaratannya yaitu maksimal berusia 56 tahun hingga 31 Agustus mendatang. Kemudian sudah eselon II b selama dua tahun dan minimal sudah pernah menjabat sebagai pimpinan di dua OPD. Termasuk sudah mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PIM II).

Kemudian untuk pimpinan OPD, antara lain juga maksimal berusia 56 tahun.  Peserta sudah di jabatan administrator eselon 3 A atau 3 B selama tiga tahun. Posisinya kepala bidang, Sekretaris dan Camat. Sejauh ini, diakuinya, belum ada peserta yang mendaftar. “Belum ada yang mendaftar,” terangnya.

Berita Terkait:  Pemkab Sumbawa Berencana Usulkan 1.002 Formasi CPNS

Berdasarkan rencana, ungkapnya, ada tahapan-tahapan dalam seleksi JPT Pratama ini.  Dimulai penerimaan pengumuman berkas 24 Juni hingga 10 Juli, seleksi administrasi 9 sampai 11 Juli, pengumuman hasil seleksi administrasi  12 Juli. Selanjutnya assessment kompetensi tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Penelusuran jejak juga tiga hari setelah assessment kompetensi, presentasi makalah dan wawancara 6 hari setelah assessment. Targetnya ketiga JPT pratama tersebut sudah tersisi akhir Agustus mendatang. “Paling lambat 31 Agustus sudah terisi,” pungkasnya. (NM3)