Beranda PEMERINTAHAN Menuju WBK dan WBBM, Zona Integritas PA Mataram Dicanangkan

Menuju WBK dan WBBM, Zona Integritas PA Mataram Dicanangkan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menghadiri acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pada Pengadilan Agama Mataram Kelas 1A Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), bertempat di Kantor Pengadilan Agama Kota Mataram, Senin (7/01).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Forkopimda Kota Mataram, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat Dr.Drs.H. Ahmad Fadili Sumadi, S.H, M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Nusa Teggara Barat Amiryat, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Agama Kota Mataram Drs. Kausar Anhar,S.H, Ketua Pengadilan Negeri Kota Mataram Isnurul Syamsul Arif, S.H,M.Hum dan Ketua Kejaksaan Tinggi Negeri Kota Mataram Ketut Sumedana.

Dalam sambutannya Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan bahwa acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas  ini sangat penting bagi semua. Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu Kota Mataram dipercayakan sebagai salah satu daerah Reformasi Birokrasi, sebagai Pilot Project dalam melaksanakan reformasi birokrasi. “Karena itu kami bergerak cepat dan sudah menyusun yang namanya roadmap reformasi birokrasi dengan program delapan (8) Area,” Kata Ahyar.

Berita Terkait:  Kedepan, Program Beasiswa NTB akan Dibiayai Melalui APBD

Delapan Area tersebut misalnya melakukan penataan keorganisasian, sehingga ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Mataram yang di merger di jadikan satu dan juga melakukan penataan ketatalaksanaan seperti melakukan beberapa terobosan – terobosan.

Kemudian juga yang sangat penting sekali menurut Ahyar adalah bagaimana merubah pola pikir/ mindseat budaya kerja, Pemerintah Kota Mataram akan terus berkomitmen dan berupaya untuk bisa mewujudkan Kota Mataram memberikan pelayanan terbaik, bersih yang bisa bebas korupsi.

“Karena itulah kami sangat mengapreasi bahwa hari ini ada salah satu lembaga pemerintahan yang berperan, berkomitmen untuk bisa mewujudkan wilayah bebas korupsi di Kota Mataram,” Ucap Wali Kota Mataram.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Terbitkan Surat Edaran Tentang Sistem Kerja ASN

Senada dengan Wali Kota Mataram, Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Nusa Tenggara Barat Dr.Drs.H. Ahmad Fadili Sumadi, S.H, M.Hum juga mengapresiasi kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini.

Selain itu Ahmad Fadili Sumadi juga memberikan apresiasi kepada Ketua PA Kota Mataram Drs. Kausar Anhar,S.H yang telah mengimplementasikan semua apa yang diperintahkan oleh Makamah Agung dengan mencanangkan Pembangunan Zona Integritas.

“Saya memperingatkan bahwa pencanangan ini sesungguhnya adalah langkah pertama untuk mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM),”tambahnya.

Sedangkan dalam laporan panitia Abdul Salam yang merupakan Ketua Tim Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, menjelaskan bahwa Pencanangan Zona Integritas ini akan sebagai pernyataan, komitmen atau deklarasi seluruh aparat dan pucuk pimpinan sampai staf terbawah tentang kesiapan dan kesanggupan melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja untuk memberikan jaminan kepada masyarakat pencari keadilan bahwa pelayanan yang diberikan bersih dari perilaku korupsi, sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat.

Berita Terkait:  SKD CPNS Dimulai, BKD-PSDM Lobar Minta Jangan Percaya Calo!

Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan zona integritas adalah sinergitas dari upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik dan transparansi. Pengadilan Agama Kota Mataram terus menerus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan zona integritas melalui reformasi birokrasi dan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan publik kususnya dalam upaya pencegahan korupsi.

“Semoga yang kita usahakan bermakna bagi lembaga kita yang pada akhirnya lembaga ini mampu mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu Mampu Mewujudkan Peradilan Yang Agung,” demikian Abdul Salam yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram. (NM1)