Beranda PEMERINTAHAN Mantapkan Pelaksanaan, DPMD Beri Kesempatan Panitia Pilkades Lakukan Konsultasi

Mantapkan Pelaksanaan, DPMD Beri Kesempatan Panitia Pilkades Lakukan Konsultasi

BERBAGI
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Meskipun sosialisasi pelaksanaan Pilkades serentak 2020 mendatang telah dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa. Namun Panitia Pilkades masih diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi. Hal ini agar pada pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan sukses seperti yang diharapkan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si menyebutkan, pihaknya  sudah melakukan sosialisasi di 23 kecamatan. Dalam sosialisasi pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada panitia pilkades maupun panitia pengawas terhadap tahapan Pilkades. Dimana Pilkades serentak di 119 desa dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2020 mendatang. Meski sosialisasi sudah selesai, namun pihaknya tetap membuka ruang kepada panitia untuk konsultasi lebih lanjut.

Berita Terkait:  Doktor Zul : Investor Besar Harus Merubah Filosofi Mengelola Tambang

“Pelaksanaan sosialisasi di 23 kecamatan Alhamdulillah berjalan lancar. Memang banyak pertanyaan dari panitia. Karena mulai November mereka harus menyusun anggaran. Kemudian juga nanti di bulan Februari membuka pendaftaran calonnya. Tetapi yang pasti kami di Dinas PMD itu akan membackup 24 jam `untuk menerima pertanyaan dan lainnya. Walaupun sudah selesai sosialisasi, kita tetap membuka fasilitas  untuk panitia pengawas atau panitia pilkades  konsultasi kepada kita,” ujarnya, Selasa (15/10).

Dijelaskannya, sosialisasi tahapan pilkades dilaksanakan di kecamatan yang desanya mengikuti pilkades serentak.  Di mana ada dua kecamatan yang digabung di satu lokasi, dan ada yang dilakukan di masing-masing kecamatan.

Berita Terkait:  Hj Rohmi : Desa Ujung Tombak Pembangunan Daerah

Adapun untuk calon peserta pilkades rata-rata di semua desa lebih dari dua calon. Dalam persyaratan, jika hanya satu pendaftar maka masa pendaftaran akan diperpanjang. Sedangkan  bagi desa yang calonnya lebih dari lima maka dilaksanakan seleksi tambahan yang difasilitasi oleh tim kabupaten. Dalam hal ini tim seleksi di desa rata-rata sudah dibentuk.

“Tim seleksi di desa rata-rata sudah semua. Jadi panitia pemilihan kepala desa dan panitia pengawas dibentuk oleh BPD,” terangnya.

Terhadap panitia, pihaknya juga sudah memberikan panduan pelaksanaan Pilkades sebagai pegangan. Dalam panduan tersebut semua tahapan dan lainnya sudah lengkap. Hal itupun sudah disampaikan dalam sosialisasi. Pihaknya berharap para panitia ini bisa membaca dan memahami panduan tersebut. Sehingga tidak terdapat kendala saat pelaksanaan Pilkades nantinya.

Berita Terkait:  Gubernur Gelontorkan Rp 30 Miliar Lebih untuk Sumbawa

“Kita sudah membuat panduan untuk dipegang. Kita kasih ke setiap kecamatan, setiap desa satu kita kasih untuk perbanyak sendiri. Itu panduan penyelenggaraan Pilkades. Tahapan-tahapan kita minta untuk membaca, semua lengkap. Selama dia membaca aturan dan mengikuti tahapan itu, maka hampir tidak ada kendala. Karena detail kita sampaikan untuk mereka laksanakan,” tukasnya. (red)