Beranda PEMERINTAHAN Mantap! NTB–Malaysia Bakal Jalin Kerjasama Diberbagai Bidang

Mantap! NTB–Malaysia Bakal Jalin Kerjasama Diberbagai Bidang

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) berinisiatif meningkatkan sekaligus mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia dengan memperkuat kerjasama melalui sejumlah bidang.

Adapun sejumlah bidang ini sebagaimana diungkapkan Kepala Biro Kerjasama Setda Pemprov NTB Lalu Ismunanda, pertama bidang ketenagakerjaan.

Kedua, bidang pariwisata. Ketiga, bidang perdagangan selanjutnya bidang pendidikan dan terakhir bidang kebudayaan.

“Ada lima (bidang kerjasama). Jadi kita bermaksud ingin mempererat hubungan (NTB, Indonesia) dengan malaysia,” tuturnya, Jum’at (22/2) di Mataram.

Dijelaskannya, untuk bidang ketenagakerjaan provinsi ntb masuk sebagai tiga besar provinsi di Indonesia sebagai pengirim tenaga kerja ke Malaysia.

Berita Terkait:  Selamatkan Aset Daerah Pasca Gempa, BPKAD Gelar Bimtek RPKD 2019

Sehingga pemerintah provinsi terus berupaya mengajak seluruh elemen untuk melindungi tenaga kerja NTB di Malaysia.

Kemudian di Bidang Pariwisata lanjutnya, berdasarkan data BPS bahwa beberapa tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mencanegara ke NTB melalui Malaysia tercatat sebagai yang tertinggi.

Ini artinya, bahwa Malaysia merupakan Hub yang penting dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB.

“Kalau di bidang perdagangan kami (Pemprov) terus berupaya memasarkan produk NTB dengan mengekspor secara langsung melalui expo maupun pameran,” kata pejabat ramah ini.

Berita Terkait:  Masyarakat NTB Dinilai Matang Berdemokrasi

Tak hanya itu kata dia, adapun kerjasama di bidang pendidikan. Pihaknya fokus mewujudkan misi pengiriman putra-putri NTB sebanyak-banyaknya untuk mengeyam pendidikan di luar negeri.

“Nah, untuk di bidang kebudayaan akan kita singkronkan dengan kegiatan pengenalan budaya melalui pertunjukkan budaya,” demikian Lalu Ismu.

Sekedar informasi, paska kemerdekaan Malaysia pada 1957 silam, Malaysia secara resmi menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Kendati demikian, hubungan antar masyarakat sudah terjalin lama jauh sebelum lahirnya negara Malaysia dan Indonesia, yakni dengan bermodalkan semangat kerumpunan.

Berita Terkait:  1.047 Unit RTLH Ditangani Tahun Ini

Dimana kedua negara juga giat meningkatkan kesepahaman, saling membantu, dan terus bekerjasama satu dengan yang lainnya.

Berangkat dari itulah hubungan kerjasama ini dirasakan perlu ditingkatkan dan lebih dieratkan dengan melakukan berbagai kerjasama diberbagai bidang.

Sebagai bentuk nyata dari semua ini, rencananya dalam waktu dekat ini, Pemprov NTB akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Malaysia di bidang pendidikan. (NM1)