Beranda PEMERINTAHAN Lampu Hijau Nih! NTB dan Kujawsko-Pomorskie Bakal Jalin Kerjasama

Lampu Hijau Nih! NTB dan Kujawsko-Pomorskie Bakal Jalin Kerjasama

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, TORUN – Bertolak ke Polandia, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah didampingi istri yang juga merupakan Ketua TP-PKK NTB, Hj Niken Saptarini didampingi sejumlah Kepala OPD Pemprov NTB melakukan penjajakan kerjasama pada bidang pendidikan dan investasi dengan Pemprov Kujawsko-Pomorskie Polandia.

Nampaknya, perjuangan rombongan dalam melakukan penjajakan kerjasama yakni antara Pemprov NTB dan Pemprov Kujawsko-Pomorskie Polandia memberikan sinyal positif alias ‘Lampu Hijau’ dalam jalinan kolaborasi kerjasama.

Sebelumnya telah diutarakan oleh Gubernur Doktor Zul. Dimana NTB memiliki banyak potensi yang sama seperti halnya di Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai dari destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok-Sumbawa hingga sektor pertanian dan bioenergi.

Berita Terkait:  Jawaban Gubernur NTB Soal Empat Raperda

Untuk itu, orang nomor satu di NTB itu sangat berharap dari pertemuan atau silahturahmi ini akan ada tindak lanjut (NTB- Kujawsko-Pomorskie) dalam berkolaborasi guna bekerjasama pada bidang tersebut.

Menanggapi hal itu, Marshal (Setingkat Gubernur) Kujawsko-Pomorskie, Piotr Calbecki menyatakan membuka diri dengan beragam peluang kerjasama ataupun kolaborasi antara kedua provinsi (NTB- Kujawsko-Pomorskie) disemua sector bisnis, industri bahkan pendidikan.

“Kami sangat senang akhirnya bisa bertemu di sini. Selama ini hanya beberapa dari kami yang pernah mengunjungi NTB, sebagai turis maupun dalam kunjungan resmi dinas. Menarik, karena kami sudah memiliki sejumlah bisnis di sana, seperti skuba diving workshop di Lombok dan juga investasi di bidang pembangkit energi di Sumbawa,” kata Marshal yang sudah menjabat selama empat (4) periode ini

Berita Terkait:  Bupati Lombok Utara Terima Lawatan Balasan Delegasi Kerajaan Negeri Terengganu

“Kujawsko-Pomorskie juga punya Nicolaus Copernicus University, kampus tertua dan terbesar di wilayah ini. Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa atau yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai ‘para pemimpin masa depan Indonesia’ di kampus kebanggaan kami,” demikian Marshal Piotr menambahkan.

Untuk diketahui, di kota kelahiran filsuf Copernicus ini, pengiriman beasiswa putra-putri NTB ke Torun juga menjadi materi pembicaraan utama. Hingga saat ini, program beasiswa mahasiswa S2 Provinsi NTB telah memberangkatkan 18 awardee ke Collegium Civitas of Warsawa dan Vistula University of Warsawa dari bulan Oktober hingga November 2018.

Berita Terkait:  Sosialisasi Visi Misi NTB Gemilang di SMAN 3 Sumbawa

Sedangkan pada Februari 2019, akan diberangkatkan lagi 200 mahasiwa-mahasiwi NTB ke Vistula University of Warsawa, sebagaimana yang telah disepakati dengan Chancellor Vistula University of Warsawa, Prof. Zdzislaw Rappacki pada 15 November 2018 lalu. (NM1)