Beranda PEMERINTAHAN Ketua DPRD : Pemda Sumbawa Harus Cepat Mengambil Langkah Penanganan Korban Kebakaran...

Ketua DPRD : Pemda Sumbawa Harus Cepat Mengambil Langkah Penanganan Korban Kebakaran dan Puting Beliung

BERBAGI
Keterangan Foto : Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq saat meninjau langsung kondisi rumah korban angin puting beliung, Selasa (10/11).

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kabupaten Sumbawa mengalami dua kejadian bencana yang waktunya tidak berjauhan. Yakni kebakaran yang menghanguskan 75 rumah di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batu Lanteh, pada Sabtu (7/11), dan angin puting beliung yang menimpa 191 rumah di 3 Kecamatan (Alas Barat, Alas dan Buer), Senin (9/11).

Terhadap hal ini, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq menyampaikan agar Pemerintah Daerah dapat cepat mengambil langkah-langkah penanganan bagi para korban terdampak. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Untuk jangka pendek jelas Rafiq akrabnya disapa, pihaknya mendorong Pemkab Sumbawa segera mencairkan dan menyalurkan anggaran tidak terduga pemerintah untuk korban kebakaran, juga korban angin puting beliung. Tanpa harus menunggu lama serta berbelit – belit, mengingat kondisi korban yang tidak lagi punya tempat tinggal. Sehingga membutuhkan penanganan segera.

Berita Terkait:  Semangat Lawan Corona Diharapkan Tidak Kendor

Sedangkan jangka panjangnya lanjut Rafiq, DPRD akan berkoordinasi dengan Pemkab terkait rencana pembangunan kembali rumah warga yang terbakar dan roboh. Demikian Pemkab juga harus segera berkoordinasi dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat untuk mencari solusi terkait rumah warga yang terbakar dan roboh tersebut.

“Apakah akan dibangun rumah atau lainnya, ini juga mesti dibicarakan segera,” ujar Rafiq yang juga Ketua DPC PDIP Sumbawa ini.

Selain itu, Rafiq juga mengingatkan dalam pendataan dilakukan secara jelas apa yang menjadi kebutuhan masyarakat korban bencana. Agar bantuan yang diberikan lebih fokus dan terarah. Penyalurannya juga harus lebih terorganisir. Jangan sampai bantuan menumpuk begitu saja.

Berita Terkait:  DKP Akan Benahi Fasilitas TPI 

“Kami juga di DPRD, telah membicarakannya bersama pimpinan Fraksi untuk mengumpulkan donasi. Meskipun sudah ada dari beberapa anggota DPRD juga telah menyumbangkan dana langsung secara pribadi,” pungkasnya. (red)