Beranda PEMERINTAHAN Kades Diingatkan Jangan Main-main Kelola Keuangan Desa

Kades Diingatkan Jangan Main-main Kelola Keuangan Desa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Inspektorat Kabupaten Sumbawa mengingatkan kepala desa (Kades) untuk tidak main-main melakukan pengelolaan terhadap keuangan desa. Hal ini selain untuk mengantisipasi terjadi permasalahan, juga supaya penggunaannya sesuai dengan hajat untuk mensejahterakan masyarakat desa.

“Jangan main-main dalam hal pengelolaan keuangan desa. Jangan sampai menyalahi aturan dan bertentangan dengan ketentuan,” tegas Inspektur  Inspektorat Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Baharuddin, MM, Senin (10/2).

Dijelaskannya, tugas dari kepala desa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terhadap pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak adanya celah-celah timbulnya permasalahan terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

Berita Terkait:  Melalui Data Valid, Pemprov NTB Komit Turunkan Angka Kemiskinan

“Kalaupun ada masalah konsultasikan langsung dengan Inspektorat selaku APIP. Penekanan kami, hati-hati dalam pengelolaan dana desa,” imbuhnya.

Terhadap penggunaan dana desa tahun lalu, lanjutnya, diakuinya cukup banyak dugaan permasalahan. Namun dalam pemeriksaan pihaknya tetap mengedepankan upaya pembinaan. Pihaknya berharap kesalahan-kesalahan sebelumnya tidak lagi terulang. Apalagi menyangkut kerugian negara, karena bisa terjerat persoalan hukum.

“Kita ingatkan  tidak boleh terulang kesalahan yang sama. Apalagi menyangkut kerugian negara, kades bisa terjerat masalah,” tukasnya. (red) 

Berita Terkait:  Atasi Persoalan Sampah di NTB, Doktor Zul : Ini adalah Tanggungjawab Kita Bersama