Beranda PEMERINTAHAN JCH Dapat Bimbingan Manasik Gratis

JCH Dapat Bimbingan Manasik Gratis

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh membuka Bimbingan Manasik Haji Gratis bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Mataram.

Ini adalah program rutin yang digelar setiap tahun bagi JCH asal Kota Mataram dengan Kantor Kementerian Agama Kota Mataram dan Ikatan Persaudaraan haji (IPHI) Kota Mataram.

Hadir pula Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana pada pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di halaman Pendopo Wali Kota Mataram. Jumat (15/3).

Selain itu, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Sekda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito beserta segenap jajaran pimpinan OPD lingkup Kota Mataram, jajaran Kantor Kemenag Kota mataram, jajaran pengurus IPHI Kota Mataram, para Tuan Guru, serta seluruh JCH Kota Mataram yang akan diberangkatkan.

Berita Terkait:  Sempat Terlambat, BLT di Desa Babussalam Disalurkan

Dalam sambutannya, H Ahyar Abduh mengatakan bahwa kegiatan Manasik Haji Gratis setiap tahun dilaksanakan sebagai pembekalan awal bagi JCH Kota Mataram.

Ini dimaksudkan agar JCH benar-benar siap secara fisik, mental, dan spiritual dalam menjalankan ibadahnya mulai dari berangkat ke tanah suci sampai kembali ke Kota Mataram.

Pemerintah Kota Mataram menganggap program tersebut sangat penting, sehingga diberikan perhatian tersendiri.

Mulai dari menyisihkan anggaran khusus, menyusun jadwal dan materi yang akan diberikan, bahkan narasumber pun dipilihkan secara khusus oleh Wali Kota.

Dari anggaran tersebut seluruh JCH akan mendapat fasilitas pakaian seragam lengkap, vaksinasi meningitis, serta menyediakan lima orang pembimbing ibadah.

Berita Terkait:  Sekda KLU Pimpin Apel Siaga Satgas COVID-19

Ibadah haji bagi umat Islam lanjut Wali Kota, merupakan perjalanan spiritual dalam rangka menyempurnakan ibadah.

Karena itu dirinya berharap agar seluruh JCH yang rencananya akan mulai diberangkatkan pada bulan Juli 2019 nanti dapat benar-benar mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Manasik Haji Gratis dari Pemerintah Kota Mataram, maupun kegiatan serupa yang juga digelar oleh pihak lain seperti Kemenag Kota Mataram.

“Kami ingin jamaah benar-benar sudah siap dan mempersiapkan diri sehingga kembalinya nanti menjadi haji yang mambrur. Sayang sekali kalau tidak siapkan diri sebaik-baiknya.”, ucapnya.

Pada pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2019 atau 1440 H, Kota Mataram memberangkatkan 790 orang JCH.

Berita Terkait:  Lampu Hijau, NTB dan Amerika Bakal Jalin Kerjasama

Diantara yang akan diberangkatkan, 654 orang telah selesai dalam pengurusan paspor, sedangkan 145 jamaah lainnya tengah dalam proses pembuatan paspor.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan nota diplomatik dari Arab Saudi, seluruh JCH harus mendapatkan pengukuran biometrik atau perekaman fisik seperti sidik jari dan lainnya.

Pengukuran biometrik akan dilaksanakan secara gratis dikoordinir oleh Kantor Kemenag Kota Mataram.

Bagi JCH yang sudah pernah menjalankan ibadah haji sebelumnya, pengukuran biometrik akan dikenakan biaya 2.000 real.

Sedangkan bagi JCH yang lanjut usia dibebaskan dari kewajiban rekan biometrik. “Rekam biometrik sebagai syarat untuk mendapatkan visa,” demikian terang Kepala Kemenag Mataram H. Burhanul Islam. (NM1)