Beranda PEMERINTAHAN Fraksi Demokrat dan PAN Dorong Bentuk Pansus Pasar Seketeng 

Fraksi Demokrat dan PAN Dorong Bentuk Pansus Pasar Seketeng 

BERBAGI

SUMBAWA — Setelah Fraksi Demokrat, kini sikap serupa datang dari Fraksi PAN DPRD Sumbawa yang menyetujui jika persoalan pasar seketeng dibentuk panitia khusus (pansus). Penegasan Fraksi PAN ini langsung datang dari Achmad Fachri yang tak lain juga adalah Ketua DPD PAN Kabupaten Sumbawa pada Kamis 20 Mei 2021 kemarin.

Menurut dia, DPRD Sumbawa perlu mengambil langkah tegas melalui pansus menyikapi persoalan pasar seketeng. Bahkan, kata dia, pihaknya bersama Fraksi Demokrat dari jauh hari sudah menyuarakan dan mengusulkan pembentukan pansus.

“Sejak awal permasalahan pasar seketeng mencuat dan hingga kini, Fraksi PAN bersama Demokrat telah melakukan komunikasi-komunikasi dengan teman-teman Fraksi yang lain yang ada di parlemen agar hal tersebut di pansuskan saja,” kata Fachri.

Pentingnya pasar seketeng di pansuskan, kata dia, berangkat dari kondisi yang terjadi dan berkembang saat ini. Dimana kondisi pedagang masih terlihat amburadul dan tanpa penataan.

Demikian juga dengan spesifikasi bangunan dan fasilitas pendukung yang dinilainya masih tidak sesuai. Termasuk masalah pembagian lokal dan los yang tidak tepat sasaran dan dimonopoli oleh orang-orang yang tidak tepat. Tapi pada prinsipnya, hal itu bukan kesalahan mereka, ia menilai melainkan kurangnya ketegasan pemerintah.

Berita Terkait:  Sekwan NTB Bacakan Isi Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD 2018-2023

Jika masalah tersebut dibahas ditingkat pansus, sambung Fachri, maka harapan semua pihak adanya langkah tegas pemerintah dalam mengatur pasar seketeng sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. “Contoh kasus masih adanya pedagang lama yang tidak diakomodir, mereka kalah dengan kekuatan pedagang baru,” katanya.

Lebih jauh, dengan adanya pansus pasar seketeng ini, menurut dia, tidak ada harapan lain yakni semua pihak berharap, agar terjadinya peningkatan retribusi dengan pola dan pengaturan yang tertib. “Baik itu dari pedagang, parkiran dan yang lainnya seperti semangat dan hajad awal pembangunan pasar seketeng,” tutupnya

FRAKSI DEMOKRAT SANGAT SETUJU SOAL PANSUS PASAR SEKETENG

Untuk diketahui, sebelumnya Fraksi Drmokrat telah menyatakan bahwa pihaknya sangat setuju jika persoalan pasar seketeng dapat dibentuk sebuah pansus. Terlebih persoalan pasar seketeng hingga kini belum terselesaikan.

Berita Terkait:  Lanjutan Proyek Samota, Satu Jembatan Kembali Dibangun di Tahun 2019

Hal ini ditegaskan oleh Fraksi Demokrat DPRD Sumbawa melalui juru bicara (jubir) nya yakni Syamsul Fikri. Menurutnya, jika permasalahan tersebut dibawah dan dibahas dipansus maka akan terlihat titik terang yang sebenarnya.

Meski demikian, ia mempertanyakan juga beberapa hal. Jika permasalahan tersebut di buat pansus di DPRD Sumbawa, apakah semua fraksi –fraksi yang ada akan seirama dan mau mendorong untuk dibuatkan pansus permasalahan tersebut.

Demikian pula jika permasalahan tersebut sudah dipansuskan dan hasilnya diserahkan ke eksekutif sebagai eksekutor, apakah mau dan berani menjalankan hasil pansus tersebut.

“Inilah yang harus sama-sama dipahami, percuma jika Fraksi Demokrat saja yang mendorong adanya pansus pasar seketeng tanpa didukung oleh fraksi-fraksi yang lain di DPRD Sumbawa kepada pimpinan DPRD Sumbawa,” katanya.

“Termasuk hasil dari pansus tersebut apakah mau pihak eksekutif dengan sunguh-sunguh menjalankan hasil dari pansus tersebut, itu yang menjadi pertanyaan besar dalam penyelesaian masalah pasar seketeng,” imbuh Fikri.

Berita Terkait:  Perda Jarak Toko Berjejaring Bakal Dievaluasi

Lebih lanjut dijelaskan Fikri, sebelumnya pihak DPRD Sumbawa secara kelembagaan melalui Komisi II telah lebih jauh melakukan pengawasan. Meski hingga saat ini masih saja ada laporan masalah yang masuk ke DPRD Sumbawa.

Namun, kata dia, masalah ini sebenarnya merupakan masalah bersama antara semua pihak, termasuk eksekutif dalam hal ini harus berani mengambil sikap tegas. “Saat ini kita mau ada ketegasan besar pemerintah daerah dalam menyikapi hal ini,” kata Fikri.

“Dan jika tidak ada ketegasan pemerintah maka pihaknya tetap mendorong adanya pansus untuk melakukan pengusutan lebih mendalam lagi oleh APH. Intinya Demokrat secara kepartaian dan fraksi siap untuk mengusulkan agar permasalahan ini di pansuskan dan mudah-mudahan fraksi-fraksi yang lain bisa seirama,” demikian ia menambahkan. (red)