Beranda EKBIS DPMPTSP Sumbawa Gelar “Diskusi Forum Perudangan”

DPMPTSP Sumbawa Gelar “Diskusi Forum Perudangan”

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Dalam rangka mendorong laju pembangunan ekonomi daerah serta dapat menciptakan suasana kondusif bagi investasi yang memadai dan berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat menggelar “Diskusi Forum Perudangan”, Kamis 15 November 2018 tepatnya di Aula Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbawa.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, SPd MPd. (Foto : Bobby Maramis)

Dijelaskan Kepala DPMPTSP Sumbawa, H Sahril kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini bekerjasama dengan Diskanlut Sumbawa tak lain adalah upaya pemerintah untuk lebih baik.

Dimana sesuai Visi Kabupaten Sumbawa terangnya, yaitu terwujudnya masyarakat mandiri berdaya saing dan kepribadian berlandaskan semangat gotong royong serta melaksanakan salah satu misi yaitu mengembangkan potensi unggulan daerah dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan perluasan lapangan kerja.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Saksikan MoU SRG dengan Kelompok Tani

“Maka salah satu upaya aktif yang dapat ditempuh adalah melalui Diskusi Forum bidang usaha udang antara pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan pengusaha udang yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Sumbawa,” kata Sahril kepada www.nusramedia.com, Kamis (15/11).

Dilanjutkannya, Sumbawa sebagai produsen udang sudah cukup lama, yaitu terhitung sejak tahun 1995 hingga tahun 2000 telah mencapai masa kejayaannya. Hanya saja kata Sahril, ekspose terhadap potensi tersebut dinilai masih lemah. Oleh karena itu, melalui penyelenggaraan Diskusi Forum Perudangan ini merupakan sebuah upaya untuk menjembatani komunitas aquaculture / usaha budidaya dari berbagai kalangan (pengusaha,teknisi budidaya dan pertambakan).

“Untuk diketahui, jadi dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan Program Kerja kita di Tahun 2018. Kegiatan Peningkatan Kerjasama dibidang Penanaman Modal dengan Instansi Pemerintah dan Dunia Usaha,” tuturnya.

Berita Terkait:  Iswandi Tak Hadir, Gubernur Lantik Lalu Gita Aryadi Jadi Sekda NTB

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini DPMPTSP bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan selaku leading sector pada bidang kelautan dan perikanan khususnya sebagai koordinator bagi pelaku usaha perudangan,” imbuh pria ramah yang dikenal bersahabat dengan semua kalangan ini.

Lebih jauh diungkapkan Sahril, melalui kegiatan ini adapun sasaran yang ingin dicapai, yaitu meilputi lima point. Pertama kata dia, menciptakan kompetisi berusaha dan peluang usaha bagi pengusaha terutama yang bergerak dalam bidang perikanan dan kelautan khususnya pengusaha udang.

Kedua, menciptakan peluang investasi bagi investor yang berminat untuk mengembangkan investasi di bidang usaha perikanan dan perudangan. Ketiga, menciptakan akses atau kerjasama teknologi guna memberikan daya dukung bagi pemberdayaan potensi serta peningkatan sumberdaya daerah pada bidang perudangan.

Berita Terkait:  PKH Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

“Nah, sedangkan untuk point keempat dan kelima yaitu mendorong terciptanya iklim investasi daerah yang kondusif sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi,” demikian H Sahril.

Sekedar informasi, dalam acara ini turut serta dihadiri para pengusaha yang bergerak dibidang usaha perudangan, baik usaha budidaya (tambak modern dan tradisional), pembelian dan penjualan, pembibitan, pengolahan maupun penyediaan pakan. Acara yang dilangsungkan tepat pada pukul 09.00 Wita ini berjalan baik dan lancar. Bahkan para peserta ataupun undangan terlihat sangat antusias mengikuti giat yang diselenggarakan oleh DPMPTSP Sumbawa ini. (NM1)