Beranda PEMERINTAHAN Dewan Rekomendasikan 15 Hal Penting ke Pemda Sumbawa

Dewan Rekomendasikan 15 Hal Penting ke Pemda Sumbawa

BERBAGI
Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa menyikapi pandemi virus corona (Covid-19) dengan menggelar rapat pimpinan. Hasilnya, ada 15 point penting yang diputuskan dan direkomendasikan ke Pemkab Sumbawa untuk dipertimbangkan.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq kepada wartawan Selasa (24/3) mengatakan, rapat yang digelar sebagai tindak lanjut surat edaran Gubernur NTB, Nomor: 800/282/Dispar-I tanggal 22 Maret 2020 tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun 15 point hasil rapat yakni terkait kebijakan kerja dapat dilakukan di rumah masing-masing untuk jenis pekerjaan tertentu selama 14 hari kerja, memperpanjang libur sekolah hingga bulan april 2020, pastikan ketersediaan logistik kebutuhan pokok selama satu bulan kedepan, proteksi keluar masuknya orang di bandara dan pelabuhan, moratorium perjalan dinas PNS dan BUMN/BUMD, penutupan tempat hiburan, kafe, tempat wisata, pusat perbelanjaan lainnya dan tidak menyelenggarakan acara keluarga, pertemuan sosial dan agama.

Kemudian mewajibkan menggunakan masker atau sejenisnya setiap berpergian disertai cuci tangan, memberikan insentif kepada petugas kesehatan, tersedianya fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum dan pemerintahan, melakukan penyemprotan rutin disinfektan di fasilitas pemerintah, pemukiman masyarakat dan fasilitas publik, tersedianya tempat khusus di rumah sakit untuk warga yang mengalami gejala Covid-19.

Melakukan sosialisasi secara berjenjang di desa-desa maupun kecamatan, baik melalui media masa maupun seluruh tempat ibadah, persiapkan alat pelindung diri (ADP) tenaga medis beserta fasilitas kesehatan lainnya, mempersiapkan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji untuk beberapa waktu kedepan dan larangan tegas untuk pengunjung pasien yang akan berkunjung ke RSUD Sumbawa sebagai upaya membantu tim medis dalam rangka penangan pasien Covid-19.

“Berdasarkan hasil rapat pimpinan DPRD, memutuskan dan merekomendasikan ke Pemerintah Daerah untuk mempertimbangkan 15 point tersebut,” ujarnya.

Ditegaskan Rafiq, hal ini diharapkan segera ditindaklanjuti karena melihat pasien positif corona yang terus bertambah diikuti dengan lokasi atau wilayah temuan baru.

“Harus ada langkah-langkah yang lebih taktis yang harus kita laksanakan secara bersama-sama dan evaluasi menyeluruh terkait capaian dari setiap langkah-langkah tersebut. Sehingga Kabupaten Sumbawa bisa mempertahankan zero Covid-19,” tukasnya. (red)