Beranda PEMERINTAHAN Dewan Dukung Langkah Doktor Zul Bangun RSUP di Bima

Dewan Dukung Langkah Doktor Zul Bangun RSUP di Bima

BERBAGI
Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah saat berkunjung di Kota Bima pada Ahad (21/10) lalu.

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Terkait adanya wawacana sekaligus gagasan dari Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah akan membangun Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) di wilayah Bima, hal itu mendapat respon positif dari Anggota DPRD NTB.

Wakil Ketua DPRD NTB H. Abdul Hadi MM

Bisa dikatakan, secara umum Anggota DPRD Provinsi NTB mendukung langkah Gubernur Zulkieflimansyah atau pria yang akrab disapa Doktor Zul ini.

Wakil Ketua DPRD NTB H. Abdul Hadi MM mengatakan, ide pembangunan rumah sakit provinsi di wilayah ujung timur provinsi NTB tidak lain bagian dari mendekatkan pelayanan pada masyarakatnya.

Oleh karena itu, jika pembangunannya tidak teralisasi dalam waktu dekat ini, lantaran kendala kajian yang harus dipenuhi terlebih dahulu, maka alasan itu sangat tidak rasional.

Berita Terkait:  Bulog Butuh Tambahan Mitra Kerja

“Kalau soal kajian, kan tinggal segera dilakukan oleh Sekda dan jajaran OPD pemprov. Ini barang mudah, karena lahannya sudah ada, kecuali jika tidak ada lahan, maka tentu itu membutuhkan waktu kajian yang lama,” kata Abdul Hadi, Rabu (24/10).

Menurut dia, ide gubernur itu tidak lain untuk mendekatkan pelayanankesehatan pada masyarakatnya. Dengan demikian, adanya pembangunan RS Provinsi di Bima akan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah Bima dan sekitarnya.

“Tentunya, jika ada RS Provinsi disana, maka RS yang ada di sekitarnya akan berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Disini, sebenarnya kita lihat ide besar dan kemauan pak gubernur itu,” tuturnya.

Berita Terkait:  Respon Cepat Permohonan Izin, DPMPTSP Tetap Verifikasi Lapangan
Sekretaris Komisi IV DPRD NTB Bidang Infrastruktur, Pertambangan, Fisik dan Pembangunan, H Nurdin Ranggabarani SH MH

Terpisah, Sekretaris Komisi IV DPRD NTB Bidang Infrastruktur, Pertambangan, Fisik dan Pembangunan, H Nurdin Ranggabarani SH MH menilai wacana pembangunan RSUP di Bima merupakan sesuatu yang positif.

Sehingga kata dia, gubernur sangat peduli pada pemerataan layanan kesehatan yang mungkin selama ini dalam pengamatan kepala daerah tidakdapat terlayani dengan baik oleh jangkauan tangan pemprov NTB.

“Jadi, adanya RSUP NTB di Bima, pandangan saya untuk mendekatkan layanan pada masyarakat Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu terkait adanya wacana pembangunan RSUP di Bima itu,” kata pria yang akrab disapa NR ini.

Berita Terkait:  Ramai Diperbincangkan, "MK" untuk Mataram 2020

Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan mendukung upaya gubernur merealisasikan janjinya pada masyarakat di Kota Bima saat kunjungan silaturahminya Ahad (21/10) lalu terkait pembangunan RSUP NTB di Bima itu.

“Kita komit akan berikan anggaran melalui APBD, jika wacana itu memang diseriusi pak gubernur. Bila perlu kita dorong pada APBD murni 2019, bisa diusulkan pengajuan anggarannya,” demikian Nurdin Ranggabarani.

Disisi lain sebagaimana diungkapkan Sekda NTB Dr. Rosiady Sayuthi sebelumnya menilai rencana Gubernur Zulkieflimansyah yang mewacanakan akan membangun rumah sakit provinsi NTB di wilayah Bima pascakunjungannya beberapa hari lalu, nampaknya tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini. (NM1)