Beranda PEMERINTAHAN Danrem 162/WB : “Korem Siap Mendukung Percepatan Sergap di NTB”

Danrem 162/WB : “Korem Siap Mendukung Percepatan Sergap di NTB”

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — “Korem siap mendukung percepatan serapan gabah (serapan gabah) di NTB,” demikian hal itu diungkapkan Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani usai mengikuti giat Rakor Kementan RI dan Bulog NTB, Selasa 29 Januari 2019 di Mataram.

Menyikapi persoalan serapan gabah khususnya target yang diberikan untuk Bulog NTB menurutnya, perlu ada langkah quantum yang memerlukan sinergitas baik dari Bulog, TNI maupun Pemda termasuk Swasta.

“Kebetulan saat ini sedang dilaksanakan proses rehab rekons dimana para Babinsa sebagai Fasilitator yang sebelumnya juga sebagai pendamping operasi khusus swasembada pangan, sehingga nantinya akan ikut berperan aktif membantu sosialisasi masalah serap gabah di desa binaannya untuk memenuhi target serapan gabah dari pusat,” kata Kolonel Ahmad Rizal.

Berita Terkait:  Bantuan Alsintan adalah Bentuk Perhatian Nyata Pemda bagi Petani KLU

Terkait dengan harga gabah, lanjut pria kelahiran Jakarta tersebut, nanti akan disesuaikan dengan harga pokok penjualan (HPP) yang ditetapkan dari Bulog.

“Kami tidak bisa menentukan harga, namun bisa membantu mencarikan gabah dari petani untuk diserahkan ke Bulog,” tuturnya.

Selain itu, Danrem juga akan mendorong Pemerintah Daerah untuk membuat Perda tentang ketentuan penjualan gabah keluar daerah.

“Penjualannya harus melalui satu pintu yang ditentukan pemerintah daerah sehingga bisa menjamin ketersediaan logistik di wilayah NTB,” pungkasnya.

Berita Terkait:  Respon Kendala di Lapangan, Kalak BPBD NTB Surati BRI

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB mengatakan target tahun 2019 ini adalah meningkatkan penyerapan gabah dengan hasil dan kualitas yang lebih baik dan penyerapannya diusahakan sebelum April 2019.

“Kami dari Dinas Pertanian dan Perkebunan akan selalu mendukung semua kebijakan pemerintah pusat, komunikasi dan kordinasi dengan instansi terkait akan kami laksanakan untuk mencapai sasaran sesuai dengan target,” demikian.

Untuk diketahui, acara ini juga dihadiri Kepala BKP Kementerian Pertanian Dr. Rahmi Widiani, Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Kepala Perum Bulog Devisi Regional Provinsi NTB.

Berita Terkait:  Serapan Anggaran TW I Pemda Sumbawa Capai 13,41 Persen

Terlihat pula, Kordinator Tim Sergab Mabes AD Kolonel Inf Dian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB Husni Fauzi, para Dandim Jajaran Korem 162/WB, Pabandya Wanmil Ster Kodam IX/Udayana dan para tamu undangan lainnya. (NM1)