PEMERINTAHAN

Bupati Husni : Penting Kepemilikan KTP Bagi Kita Warga Negara

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pentingnya warga negara khususnya di Indonesia memiliki kartu identitas penduduk (KTP). Apalagi berbagai pelayanan dibeberapa tempat pasti membutuhkan identitas.

“Penting kepemilikan KTP bagi kita warga negara. Ketika kita abai terhadap ini, sepertinya kita tidak ikut bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan negara,” kata Bupati saat kegiatan pelayanan jemput bola perekaman KTP-el serentak secara Nasional yang terselenggara di Taman Mangga, kemarin.

Menurut Bupati, salah satu pelayanan publik yang membutuhkan penggunaan KTP yakni BPJS. Untuk mengurus BPJS, masyarakat harus memiliki KTP didata, dan diterbitkan kartu BPJSnya.

Baca Juga:  Doktor Budi Dilantik Jadi Sekda Sumbawa

“Kalau tidak punya KTP bisa ditolak oleh rumah sakit ketika ingin mengurus BPJSnya. Begitu pentingnya KTP ini,” tukasnya.

Selain itu, untuk bisa menentukan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang, masyarakat harus memiliki KTP elektronik. Karena itu yang disyaratkan oleh aturan yang berlaku.

“Apalagi sebentar lagi Pemilu. Maka mari kita saling mengingatkan akan pentingnya kepemilikan KTP. Ketika tidak mengurus, barangkali lalai, atau kita baru datang dari luar daerah, maka tidak bisa menentukan hak pilih. Mudah-mudahan kepemilikan KTP kita ini betul-betul menjadi kebutuhan utama kita dalam hidup,” tutur Bupati.

Baca Juga:  Sekda Fokus Wujudkan Visi SGB

Dalam pelaksanaan perekaman KTP-el ini, Bupati menekankan kepada OPD terkait baik itu Dinas Dukcapil, Camat, Kades dan Lurah, agar terus memberikan informasi ke masyarakat tentang arti penting kepemilikan dokumen kependudukan.

Kemudian mendata penduduk yang belum melakukan perekaman dan memiliki KTP elektronik. Serta melakukan pemutakhiran secara terus-menerus agar diperoleh data kependudukan yang falid dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya sarankan ke Dinas terkait dalam hal ini Dukcapil, apalagi ini sesuai Perintah Kemendagri untuk menjemput bola, jadi masyarakat tidak hanya diundang. Mungkin ada program lain, misalnya kita datangi rumahnya masing-masing bagi yang belum itu. Agar kemudian semua masyarakat ini memiliki yang namanya KTP,” ujarnya.

Baca Juga:  ORI NTB Temukan Penyimpangan Dalam Seleksi PPPK Bima 2023

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumbawa H Zulqifli melaporkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut serentak dilaksanakan di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Tujuan untuk menuntaskan perekaman bagi wajib KTP-el, khususnya yang ada di Kabupaten Sumbawa. Terutama dalam hal menghadapi Pemilu 2019.

“Lokasinya pelayanan perekaman KTP-el diputaskan di Taman Mangga. Berdasarkan petimbagnan bahwa ada kemudahan akses bagi para pihak untuk datang mendapatkan pelayanan,” pungkasnya. (NM3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini