Beranda PEMERINTAHAN BPKAD Proses Pencairan DAK Fisik Tahap Kedua

BPKAD Proses Pencairan DAK Fisik Tahap Kedua

BERBAGI
Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Sumbawa, Didi Hermansyah SE. (Foto : Roby)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA —  Dari 20 bidang Dana Alokasi Khsusus (DAK) fisik yang ada, enam diantaranya sudah dapat diproses pencairan tahap kedua. Saat ini, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumbawa menyampaikan surat permohonan kepada Inspektorat untuk dilakukannya review terhadap enam bidang tersebut.

“Semua bidang DAK sudah masuk tahap pertama. Sekarang kami mengejar untuk persayaratan penyaluran tahap kedua. Setiap tahap penyaluran DAK itu harus dilakukan review oleh Inspektorat. Hari ini kami menyampaikan surat ke Inspektorat untuk mohon bantuan dilakukan review atas 6 bidang DAK,” ujar Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Sumbawa, Didi Hermansyah SE, Rabu (14/8).

Berita Terkait:  Terancam Abrasi, Jalan di Batu Gong Perlu Segera Ditangani

Ditahun 2019 ini, jelas Didi-akrabnya disapa, Kabupaten Sumbawa mendapatkan tiga jenis DAK yaitu DAK Reguler, Penugasan dan Afirmasi dengan total 20 bidang. Keseluruhan bidang DAK tersebut untuk tahap satu sudah diterima dan tinggal menunggu penyerapan oleh perangkat daerah pengelola DAK. Kemudian untuk tahap kedua akan disalurkan ketika penyerapan minimal 75 persen dari pagu tahap pertama per masing-masing bidang.

Adapun penyaluran tahap pertama sebesar 25 persen dari pagu DAK. Seperti untuk DAK Reguler yang masuk ke kas daerah sebesar Rp 31,3 miliar, DAK Penugasan RP 10,7 miliar dan DAK Afirmasi Rp 18,7 miliar.

Berita Terkait:  Tujuh ASN Bolos Hari Pertama Kerja

“Nanti tahap kedua sebesar 45 persen dari pagu. untuk yang tahap ketiga, akumulasi yang tahap 1 dan tahap dua harus ada penyerapan minimal 90 persen baru bisa masuk tahap tiga,” jelasnya. (NM3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here