Beranda PEMERINTAHAN BPBD Upayakan Pengadaan Armada Damkar

BPBD Upayakan Pengadaan Armada Damkar

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa terus berupaya mengusulkan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) melalui Bagian Umum Setda Sumbawa setiap tahunnya. Hal ini lantaran armada yang ada masih sangat kurang.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbawa, Mustari Dahlan kepada wartawan mengatakan, sementara ini Satuan Damkar masih tergabung sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) BPBD.

Sehingga pihaknya wajib dalam mengupayakan kelengkapan fasilitas pendukung untuk kelancaran beroperasinya Satuan Damkar.

“Jadi sementara ini BPBD yang masih menjadi induk Damkar, kita selalu mengusulkan peralatan pendukung untuk mencapai posisi ideal sebagai satuan Pemadam Kebakaran,” ujarnya yang didampingi Kasi Pencegahan, Turino Junaedi, Jum’at (29/3).

Berita Terkait:  Tahun Ini, Perpanjangan Landasan Bandara Sumbawa Dikerjakan

Dijelaskannya, pihaknya hanya dapat mengusulkan saja, sementara untuk pengadaannya melalui Bagian Umum Setda Sumbawa.

Fasilitas yang kerap kali diusulkan yakni armada Damkar. Pasalnya penanganan yang sudah dibagi menjadi zona yakni barat, timur dan selatan dilakukan oleh 4 armada yang tersedia.

“Terutama mobil. Karena seperti diketahui di Kabupaten Sumbawa ini kan sudah terbagi menjadi tiga zona yaitu zona barat, timur dan selatan. Itu sarana pendukung dalam hal ini sangat vital mobil Damkarnya itu masih sangat kurang dari yang seharusnya,” jelasnya.

Berita Terkait:  Target Serapan Bulog Sumbawa Bertambah 2.500 Ton

Kekuarangan fasilitas membuat pihaknya menjadi susah dalam menangani secara cepat jika terjadinya kebakaran di lokasi yang jauh dari keberadaan armada Damkar yang diletakan.

“Dengan adanya zona ini, idealnya dua mobil tersedia di masing-masing zonanya yng sudah siap. Artinya jika ada kejadian langsung bisa menjangkau jarak sesuai SOP, begitu ada laporan kebakaran maksimal 10 sampai 15 menit itu sudah ada di tempat,” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Bagian Umum Setda Sumbawa pengadaan armada Damkar di tahun ini ada satu unit.

Berita Terkait:  Bupati Sumbawa Terima Penghargaan dari BPS RI

Pemda Sumbawa juga terus berupaya untuk menambah fasilitas Satuan Damkar yang sudah menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sendiri. Artinya terbentuk OPD Damkar juga akan diikuti dengan penambahan fasilitas pendukung. (NM3)