Beranda PEMERINTAHAN BPBD NTB Hadirkan Aplikasi SiAGA NTB

BPBD NTB Hadirkan Aplikasi SiAGA NTB

BERBAGI
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H Mohammad Rum. (Foto Desain : Bobby Maramis)
NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (BPBD NTB) patut diancungi jempol.

Betapa tidak, guna membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana, BPBD NTB membuat sebuah gebrakkan melalui aplikasi SiAGA NTB.

“Untuk membantu masyarakat supaya bisa dapat info terutana terkait mitigasi bencana. Jadi yang membuat dan mengelola aplikasi ini BPBD NTB sendiri,” demikian ungkap Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mohammad Rum, Selasa 1 Januari 2019 di Mataram.

Berita Terkait:  Doktor Zul : Semoga IISBUD Tidak Menyerah Sampai Disini!

Selain itu juga terangnya, aplikasi ini merupakan sumber resmi penyampaian kejadian bencana yang ada di wilayah Provinsi NTB. Berbagai fitur juga telah tersedia didalam aplikasi ini.

Fitur-fitur yang ada didalamnya itu sebut pria yang akrab disapa Haji Rum ini, yakni soal laporan bencana (Masyarakat bisa melaporkan kejadian bencana di lingkungannya).

Kemudian, Info Bencana (Masyarakat bisa mendapat informasi valid dan akurat tentang kejadian bencana). Selanjutnya berkaitan dengan Info SOP yakni berisikan pengetahuan tentang standard operasional dalam keadaan darurat.

Berita Terkait:  Atur Sanksi Pelanggar Protokol Corona, Pemda NTB Prakarsai Raperda Penanggulangan Penyakit Menular

Bahkan kata Kalak BPBD, didalam aplikasi SiAGA NTB juga disediakan nomor penting yang bisa dihubungi dalam keaadaan darurat dan info terkini tentang cuaca. Termasuk soal Info Donor Darah, yang mana masyarakat bisa menemukan pendonor darah di radius tertentu.

“Aplikasinya sudah tersedia silahkan download saja melalui Play Store ‘SiAGA NTB, sudah bisa diinstal juga,” tuturnya.

“Insya Allah, rencananya Jum’at atau Ahad mendatang secara resmi akan kami luncurkan aplikasi tersebut,” demikian H Mohammad Rum menambahkan. (NM1) 

Berita Terkait:  Pemprov NTB Bakal Bentuk Sejumlah Dinas Baru