Beranda PEMERINTAHAN Bappeda Dorong OPD Lakukan Inovasi

Bappeda Dorong OPD Lakukan Inovasi

BERBAGI
Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si (Foto : Roby - NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Sumbawa untuk memunculkan inovasi baru. Karena dengan adanya inovasi dapat memberikan dampak besar bagi penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si mengatakan, program pengembangan inovasi sangat berdampak positif tidak hanya bagi OPD namun juga Pemerintah Daerah. Sehingga diharapkan dapat diikuti oleh seluruh OPD yang ada.

“Kita berharap nanti seluruh OPD ini mengikuti program pengembangan inovasi ini. Karena dengan demikian maka semua kinerja dari organisasi pemerintah otomatis akan meningkat ketika ada inovasi seperti itu. Bukan saja bagi OPD tapi juga oleh kelompok organisasi atau masyarakat yang dibina oleh OPD,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/3).

Berita Terkait:  Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM Pilkades Serentak 2019 

Diterangkan H. Jun-akrabnya disapa, pihaknya siap mendukung inovasi yang akan dilakukan OPD. Karena Bappeda memiliki tanggung jawab berkaitan dengan inovasi yakni melalui pengawasan pengembangan, penelitian dan lain sebagainya.

Selain itu, pihaknya juga siap mendukung dari segi anggaran. Namun alokasi anggaran ini akan diberikan setelah inovasi diverifikasi oleh tim dan dinyatakan layak atau memiliki dampak besar terhadap penyelenggara pemerintahan.

“Kita mendorong untuk itu, karena bagaimana itu kan menjadi program kegiatan Pemerintah Daerah dalam rangka untuk supaya kinerja dari perangkat daerah juga bisa meningkat,” jelasnya.

“Karena itu menjadi inovasi yang memang dinilai oleh tim nanti bisa akan memberikan dampak besar terhadap upaya kita, efektivitas penyerapan pemerintah. Saya pikir ndak ada maslah, tentu Bappeda juga akan menyikapi itu dalam dukungan anggarannya,” tambahnya.

Berita Terkait:  Fraksi-Fraksi Setujui 4 Raperda Dibahas Lebih Lanjut

Sementara itu dalam memunculkan inovasi, jelas H. Jun, dapat dilakukan secara organisasi maupun perorangan atau ASN. Nantinya inovasi yang diajukan akan diverifikasi dan dinilai lebih dahulu mengenai asas, manfaat dan apa dampak kedepannya. Dalam hal ini tim verifikasi lah yang merekomendasi apakah inovasi tersebut layak untuk dikembangkan.

“Jadi bisa berlomba-berlomba, karena juga dengan begitu kinerja dari OPD otomatis akan meningkat. Dampak dan manfaat dari inovasi itu yang akan di lihat,” pungkas H. Jun.

Sebelumnya, Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu kabupaten di Provinsi NTB yang mengikuti penilaian Anugerah Pangripta Nusantara atau PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah) Tahun 2019. Dalam hal ini tiga inovasi  yang dimiliki Pemda Sumbawa disampaikan. Diantaranya Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi (SI ANDINI), sebagai Inovasi Sistem Pendukung Keputusan bagi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam menstabilkan harga barang pokok dan barang penting, SiJINAK yang merupakan sistem aplikasi pendukung ijin ternak yang akan dikembangkan secara menyeluruh sebagai sistem informasi jaringan peternakan dan OO Samawa yang berhasil menjadi wadah informasi, kreativitas dan pemberdayaan generasi muda yang berhasil masuk dalam 3 inovasi dari Kabupaten Sumbawa, dalam acara puncak Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi NTB atau yang dikenal dengan NTBNovik. (NM3)

Berita Terkait:  Bupati Sumbawa Rotasi 20 Pejabat Struktural