Beranda PEMERINTAHAN Bantuan Alsintan adalah Bentuk Perhatian Nyata Pemda bagi Petani KLU

Bantuan Alsintan adalah Bentuk Perhatian Nyata Pemda bagi Petani KLU

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Berbagai bantuan bagi para petani di Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus digulirkan. Salah satunya yakni pemberian Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) bagi kelompok tani yang ada.

Ini merupakan salah satu wujud perhatian nyata Pemda KLU terhadap para petani. Rabu (13/2) lalu, Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar bersama Kepala Dinas KPP KLU menyerahkan bantuan alsintan kepada 13 Poktan Makmur Jaya.

Penyerahan bantuan itu berlangsung tepatnya di Dusun Gol Munjid Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dikesempatan itu Bupati mengungkapkan bahwa bantuan yang telah diberikan Pemda tersebut, merupakan salah satu wujud replikasi dari program pemerintah daerah untuk menciptakan 10.000 wirausaha muda baru di Lombok Utara.

Berita Terkait:  Mantap! Penataan Kawasan Pusat Bisnis Cakranegara Tahap I Selesai

“Kalau kita tukar atau kita bandingkan dengan program awal kita, kalau program awal target capaiannya hanya 10.000 wirausaha baru ternyata sekarang ini akses masyarakat yang menerima barang ini sudah melebihi 25.000 orang,” tuturnya.

Berbicara tentang anggaran, H Najmul Akhyar juga menjelaskan bahwa dana yang dikeluarkan pemerintah daerah sampai dengan saat ini telah melampaui target anggaran yang telah direncanakan sebelumnya yaitu sebesar 30 Miliar.

“Yang kita rencanakan itu adalah 30 Miliar, untuk 10.000 wirausaha muda baru, ternyata dengan memberikan barang ini di pertanian saja sudah lebih 45 Miliar yang sudah kita turunkan ke masyarakat, belum ditempat atau dinas-dinas lain,” ungkapnya.

Berita Terkait:  CSIRT Pola Manajemen Modern

Melihat hal demikian, orang nomor satu di Lombok Utara itu berharap kepada seluruh kelompok tani yang menerima bantuan, agar bisa merawat dan menjaga pemberian dari pemerintah daerah tersebut, sehingga apa yang telah mereka terima bisa dimanfaatkan dalam waktu yang cukup lama.

Sebelumnya, Kepala Dinas KPP KLU H Nanang Matalata mengatakan bahwa pada sektor pertanian, anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah yang bersumber dari APBD maupun APBN telah mencapai angka Rp 45 Miliar.

Berita Terkait:  Soal IPKM-Buta Aksara NTB, antara Alhamdulillah dan Astagfirullah

Adapun alokasi dana tersebut difokuskan untuk pengembangan sarana dan prasarana seperti parit, saluran irigasi tersier, embung, asintan serta peningkatan kapasitas para kelompok tani. “Insya Allah kedepan ini terus kita tingkatkan,” ucapnya singkat.

Sementara itu, mewakili para petani di Desa Karang Bajo, Hartono selaku Ketua Kelompok Tani Makmur Jaya mengucapkan terimakasih kepada Pemda KLU. Mereka mengaku sangat beryukur dan sangat diperhatikan. (red)