Beranda PEMERINTAHAN Bantu Move On, Rp 1,5 Miliar dari Balikpapan untuk Mataram

Bantu Move On, Rp 1,5 Miliar dari Balikpapan untuk Mataram

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menerima kunjungan Wali Kota Balikpapan H. Muhammad Rizal Effendi beserta jajarannya dalam rangka penyerahan dana bantuan kepada korban gempa Kota Mataram di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Jumat (18/01/19).

Dalam sambutannya, Wali Kota Mataram mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemerintah Kota Balikpapan kepada korban gempa yang ada di Kota Mataram.

“Rupanya kunjungan beliau ini secara khusus untuk Kota Mataram, artinya beliau bersama kita dalam semangat Move On Kota Mataram, Mataram Bangkit,” ucapnya.

Dengan bantuan ini kata Ahyar, akan memanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga program masyarakat untuk perbaikan rehabilitasi bisa terus dilanjutkan.

Berita Terkait:  Dihadiri Kepala DPKP NTB, Asisten III Setda KLU Buka Pelatihan PDBIK

Selain itu ia juga menjelaskan guncangan gempa membawa pengaruh yang cukup besar terhadap warga Kota Mataram.

Banyak bangunan-bangunan yang terdampak dan roboh, seperti fasilitas perkantoran, Rumah Sakit/Puskesmas, dan sekolah-sekolah.

Sedangkan untuk rumah yang mengalami rusak sekitar 13.000 lebih, yang terdiri dari rusak berat sedang dan ringan.

Ahyar menjelaskan untuk rumah yang rusak berat sekitar 2.300 dan sekarang lagi proses pembangunan, ada sekitar 600 yang sudah terbangun.

“Jadi menurut BNPB, Alhamdulilah Kota Mataram termasuk yang paling siap untuk merehabilitasi dan merekontruksi bangunan yang rusak berdampak gempa,” terang Ahyar.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan H. Muhammad Rizal Affendi menjelaskan bahwa dana bantuan Rp 1,5 milyar ini berasal dari dua sumber, yakni APBD Kota Balikpapan dan para pelajar.

Berita Terkait:  Kepala BNPB RI Lepas Ribuan Fasilitator

Rp 1 Miliar lanjutnya dari APBD Kota Balikpapan, sedangkan Rp 500 juta lainnya berasal dari para pelajar yang peduli dengan korban gempa yang ada di Kota Mataram.

Selain memberikan bantuan kepada korban gempa yang ada di Kota Mataram kata Rizal, Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan bantuan ke Daerah Palu yang terkena dampak gempa dan tsunami.

“Kami mohon maaf karena penyerahan bantuan ini terkesan terlambat akan tetapi kami sengaja memang lambat, karena recovery bencana tidak serta merta,” ucapnya.

Kunjungan ini menurut Rizal juga sambil belajar bagaimana menghadapi bencana gempa di daerah terdampak.

Berita Terkait:  Tahun Ini, Dana Kerabat Rp 5 Miliar Sasar 25 BUMDes

Karena banyak fenomena baru dari bencana yang terjadi di Indonesia. Walaupun Balikpapan dalam peta kebencanaan tidak masuk dalam potensi bencana gempa kata dia, Kota Balikpapan harus tetap mengantisipasinya.

“Mudah–mudahan masyarakat Kota Mataram bangkit kembali,“ harap Walikota Balikpapan diakhir sambutannya.

Untuk diketahui, acara kunjungan tersebut juga di hadiri oleh Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi, Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito.

Terlihat pula, Anggota Forkopimda Kota Mataram, Para Asisten dan Staf Ahli Lingkup Kota Mataram, Dan Kepala Organisasai Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Kota Mataram. (NM1)