Beranda PEMERINTAHAN Astagfirullah! Hari Ini, Gempa Dua Kali Guncang Lombok

Astagfirullah! Hari Ini, Gempa Dua Kali Guncang Lombok

BERBAGI
Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto. (Foto Desain : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Sabtu 5 Januari 2019, berdasarkan hasil analisa Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat gempa bumi dengan kekuatan dibawah M=4 sebanyak dua kali terjadi mengguncang wilayah Lombok Utara–NTB.

Pertama gempa terjadi pukul 05:46:42 WITA dengan kekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 8,28 LS dan 116,13 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km barat laut Lombok Utara-NTB pada kedalaman 15 km.

Kepada media ini Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengungkapkan bahwa dampak gempabumi pertama berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah III MMI dan Mataram II MMI.

Berita Terkait:  Cegah Kecurangan! SKD CPNS Diperketat, Perserta Diperiksa dengan "Metal Detector"

Selanjutnya kata Agus, gempa kedua terjadi pada pukul 13.31.59 WITA, adapun kekuatan gempa ini yaitu M=3,9 dengan episenter terletak pada koordinat 8.32 LS dan 116.15 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 15 km barat laut Lombok Utara pada kedalaman 15 Km.

Dampak gempabumi kedua ini kat dia, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara, Lombok Barat, serta Mataram III MMI dan Karangasem II MMI.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust),” jelasnya, Sabtu 5 Januari 2019 di Mataram.

Berita Terkait:  Momen Jumpa Zul-Rohmi Kali Ini Lebih Renyah!

“Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian Agus Riyanto menambahkan. (NM1)