Beranda PEMERINTAHAN Angin Segar, Pembangunan Teluk Santong Bakal Terwujud

Angin Segar, Pembangunan Teluk Santong Bakal Terwujud

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Rencana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong, Kabupaten Sumbawa sudah mendapat angin segar dari pemerintah pusat. Pasalnya di lokasi setempat kini sudah dilakukan survey guna mendapatkan data lengkap.

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya menyampaikan, belum lama ini sudah dilakukan ekspose beberapa waktu lalu terkait pembangunan Pelabuhan Teluk Santong.

Ekspose tersebut dilakukan bersama tim Pelindo 3 dari Surabaya yang merupakan salah satu provider di bidang Kepelabuhan. Kini tim tersebut sudah melakukan survey di lokasi.

“Kita sudah melakukan ekspose bersama tim Pelindo 3 dari Surabaya. Progres terbaru yaitu tim Pelindo 3 yang merupakan BUMN dari pada pemerintah pusat dalam bidang kepelabuhan sudah turun melakukan survey ke lokasi,” ujarnya, Jum’at (15/3).

Berita Terkait:  Dewan Minta Program Beasiswa NTB Dievaluasi

Dijelaskannya, survey ini dilakukan untuk mendapatkan data lengkap di lokasi. Baik dari segi potensi ekonomi, sosial dan khususnya kepelabuhanan.

“Kalau sudah turun survey paling tidak nanti dari hasil survey mereka akan menganalisa data-data yang ada. Apakah nanti pembangunan pelabuhan itu akan memberikan dampak positif atau dampak negatif,” terangnya.

Sementara ini, pihaknya sudah menyiapkan dokumen diantaranya Feasibility Study (FS) yang sudah dilakukan pada tahun 2014.

Kemudian sekarang juga sedang  proses mengalih fungsikan lahan sekitar 300 hektar yang masuk dalam kawasan.

Selain itu, akses jalan juga sudah didesain pada tahun 2017 lalu sepanjang 4,5 kilometer dari jalan negara masuk ke akses rencana pelabuhan.

Berita Terkait:  Tingkatkan Target Pendapatan, Pemprov NTB Bakal Lakukan Evaluasi

Semua dokumen yang saat ini diperlukan, sebagiannya sudah selesai dan sebagian masih dalam proses.

Pihaknya akan berupaya menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dalam tahun ini, sehingga pelabuhan yang diharapkan bisa terwujud.

“Kita berdoa semoga Pelabuhan Teluk Santong ini bisa terwujud Insya Allah dalam setahun atau dua tahun kedepan,” tandasnya.

Adapun rencana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong pertama kali diinisiasi pada saat adanya program MP3EI (Master Plant Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia) tahun 2011.

Dalam MP3EI itu, NTB bersama Bali dan NTT termasuk dalam koridor 5, yang program intinya adalah sebagai pintu gerbang pariwisata dan ketahanan pangan nasional.

Berita Terkait:  Setahun Zul-Rohmi, Mereka Bicara Capaian Pembangunan NTB

Hal itu menjadi awal mula Pemkab Sumbawa mengusulkan Pembangunan Teluk Santong. Hajatnya pertama agar akses jalan nasional yang berada di Pulau Bali dan Pulau Lombok tidak terlalu padat.

Sehingga akses-akses kendaraan berat dari Pulau Jawa yang membawa komoditi ekonomi ke Pulau Sumbawa bahkan ke Pelabuhan Bajo, NTT bisa dimanfaatkan di Pelabuhan Teluk Santong.

“Kemudahan-kemudahan itu banyak sekali, antara lain keselamatan arus lalu lintas, kedua operasional kendaraan, ketiga kepadatan arus lalu lintas jalan negara mulai dari yang ada di Pulau Lombok maupun yang ada di Pulau Bali,” pungkasnya. (NM3)