Beranda PEMERINTAHAN 12 Orang Mendaftar Jadi Dirut PDAM Sumbawa

12 Orang Mendaftar Jadi Dirut PDAM Sumbawa

BERBAGI
Sekrertaris Daerah Kabupaten Sumbawa, H Hasan Basri.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hingga hari terakhir masa pendaftaran, sedikitnya 12 orang sudah mendaftar atau menyerahkan berkas sebagai calon direktur utama Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Batulanteh Kabupaten Sumbawa. Pendaftarannya sendiri mulai dilakukan sejak 12 hingga 24 Februari 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM mengatakan, 12 orang yang mendaftar tersebut berasal dari internal PDAM dan beberapa lainnya dari kalangan professional. Diantaranya yaitu Abdul Muis, Andi Rusni SE MM, Erwin SP, Juniardi Akhir Putra STS.ST M.Kom, Manaungi SH, Muhammad Aidin SE, Muhammad Arbain Sabri ST, Nurul Ainul Diwan SE, Ratna SE, Rina Komala S.Sos M.Ak, Supriyadi S. HI, M.HI dan Yeyen Febrianto ST.

“Sampai dengan siang ini, sudah 12 orang,” ungkap Sekda yang didampingi Kabag Ekonomi Setda Sumbawa, Irene Silviani MM dan Kasubbag Fasilitasi BUMD Bagian Perekonomian, Moh. Akbaruddin S.STP, M.Tr.I.P, Senin (24/2).

Berita Terkait:  Tahun Ini, Rp 12,4 Miliar Disediakan untuk Penanganan Jalan Pal 4 Lenangguar

Selain integritas ungkapnya, persyaratan yang diwajibkan bagi pendaftar yakni berijazah S1, memiliki pengalaman kerja paling sedikit 5 tahun dalam bidang manajerial perusahaan berbadan hukum, berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun. Kemudian tidak pernah menjadi direksi atau memimpin perusahaan kemudian kondisi perusahaannya dinyatakan failed, tidak pernah dihukum tindak pidana, tidak sedang menjalani sanksi pidana, tidak menjadi pengurus parpol, serta sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika.

“Persyaratan disitu dijelaskan bahwa memahami manajemen perusahaan air minum. Artinya kalau keahlian khusus seperti teknis-teknis memahami manajemen perusahaan air minum daerah dan memahami pemerintah daerah,”jelasnya.

Berita Terkait:  Rp 4 Miliar Masih Mengendap, 4 Desa Belum Cairkan DD  

Dijelaskannya, setelah pendaftaran tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi yang diumumkan pada 26 Februari. Kemudian dilanjutkan dengan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) pada 2 dan 3 Maret.

“Artinya semua yang dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi berhak mengikuti UKK. Pelaksananya betul-betul dari independen, artinya dari BKD tidak ada interpensi sedikit pun dari panitia pelaksana ataupun dari pemerintah daerah. Jadi kita professional lepas ke mereka semua,” tegasnya.

Selain itu, calon Dirut nantinya juga akan menyampaikan visi terkait Perumda Air Minum Batulanteh kedepannya dalam persentasi makalah.

“Kemudian setelah uji kompetensi, dua hari kmudian ada persentasi makalah. Sejauh mana sih  visinya akan membawa Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batulanteh ini kedepannya. Kalau sekedar hitungan bulan, mungkin jadi penilaian. Kita kan mencari pemimpin perusahaan yang lebih power point O. Artinya selain memberikan pelayanan lebih baik, kita berharap ada penambahan pendapatan dari perumda ini. Artinya tetap yang utama adalah pelayanan dasar,” tambahnya.

Berita Terkait:  Optimalkan Serapan PBB-P2, Bapenda Lakukan Evaluasi Bersama Camat

Jika sesuai dengan jadwal awal, terangnya, Dirut Perumda Air Minum Batulanteh akan terisi pada pertengahan Maret mendatang.

“Setelah penilaian, baru ada hasil siapa yang teratas. Sehingga nanti kita serahkan 3 besar nama dari orang itu untuk disampaikan kepada pemilik modal atau Pemda, dalam hal ini Bupati. Target kita pertengahan bulan depan Insya Allah sudah terisi sesuai jadwal,” pungkasnya. (red)