Beranda PARIWISATA Pantai Wilayah Lobar Akan Dilengkapi Lifeguard

Pantai Wilayah Lobar Akan Dilengkapi Lifeguard

BERBAGI

LOMBOK BARAT — Sebagai salah satu objek wisata tertua yang sudah melegenda di seantero gumi Sasak, maka sepatutnya kawasan Senggigi harus tetap mendapatkan sentuhan perhatian. Perhatian yang intens dari pihak pemerintah maupaun masyarakat Senggigi sendiri, terlebih dari para pelaku usaha jasa pariwisata yang sampai saat ini menggantungkan hidup dikawasan Senggigi dirasa sangat penting.

Untuk memastikan Senggigi tetap menjadi ikon wisata yang konsisten menerapkan sapta pesona, Jum’at pagi (8/1) lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) turun membersihkan Pantai Senggigi sekaligus menyempatkan diri bertemu dengan para pelaku usaha pariwisata dan komunitas yang ada di kawasan tersebut. Biasanya silaturahmi juga diselingi dengan diskusi seputar pariwisata di Lobar.

Berita Terkait:  Kades Bilelando Harap Masyarakat Diberikan Pelatihan

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saepul Ahkam yang dikonfirmasi media ini, Ahad (10/1) membenarkan adanya giat tersebut. Dikatakannya, bahwa momentum bertemu dengan para pelaku setiap gotong royong itu selalu jadi momentum Dispar untuk berdikusi seputar pariwisata Lobar.

“Ternyata Alhamdulillah dari kita hanya bertemu biarpun tidak lama dalam bentuk kerja lapangan, tapi kita juga kemudian berdialog. Dan dari dialog itu kita banyak mendengar masukan dari teman-teman yang ada di lokasi saat itu,” kata Ahkan.

Disebutkannya, salah satu komunitas yang ikut dalam diskusi beberapa hari lalu adalah Senggigi Lombok Beach Boys for Changes (BBC). Dengan BBC, jajaran Dispar Lobar membahas tentang adanya lifeguard (penjaga pantai) di setiap pantai yang ada di kawasan wisata Lobar, khususnya di Senggigi. Dari komunitas ini Ahkam berharap nantinya ada yang bisa dilatih sebagai lifeguard.

Berita Terkait:  Pelaku Pariwisata NTB Diajak Bersinergi Lawan Corona

“Harus ada penjaga pantai, atau tenaga expert yang akan menjaminkan keselamatan bagi siapapun masyarakat yang akan bertamasya di pantai,” lanjut Ahkam. “BBC ini salah satu yang nanti Insya Allah satu atau dua orang dari mereka akan dilatih untuk menjadi lifeguard itu,” imbuhnya.

Akhkam kemudian menyampaikan apresiasi kepada BBC yang selama dua tahun ini telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kebersihan pantai dan menata lingkungan. Menurutnya, keterlibatan komunitas-komunitas sangatlah membantu pemerintah dalam memelihara kawasan ini.

Berita Terkait:  Rinjani Karunia Allah SWT Harus Tetap Dipelihara

“Sepanjang garis pantai ini bagian dari tanggung jawab Dispar, meski tidak semua, ada dinas-dinas lain yang juga mempunyai tanggung jawab. Dari itu, mari kita saling atur supaya teratur, pedagang, nelayan dan semuanya. Kita satukan semangat mengembalikan kejayaan Senggigi,” pesannya.

Sebelumnya, Ketua BBC Sariman memaparkan hasil diskusi dengan Kepala Dispar Lobar terkait problem yang masih belum bisa terselesaikan. “Salah satu yang kami diskusikan tadi juga tentang penataan teman-teman pedagang di sekitar pantai ini, tentunya semua ini harus kita sinkronkan dengan pihak-pihak terkait, paling tidak nantinya semua harus dilibatkan,” jelas Sariman. (red)