Beranda PARIWISATA Optimis Juara, Desa Sesaot Masuk Nominasi ISTA 2019

Optimis Juara, Desa Sesaot Masuk Nominasi ISTA 2019

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK BARAT — Dari 300 peserta yang mendaftar, Desa Sesaot, Kabupaten Lombok Barat masuk dalam nominasi pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2019.

Desa Sesaot akan bersaing dengan 37 destinasi yang sudah lama dikembangkan seperti Pulau Sari, Sumatera, Bandung. Desa Sesaot sendiri secara profesional dikembangkan tata kelolanya baru 4 tahun.

“Tapi, dari aspek yang ada dari indikator pembangunan pariwisata berkelanjutan, wisata sesoat sudah masuk dan Insya Allah menjadi calon juara,” demikian ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Ispan Junaidi, Jum’at (26/7).

Berita Terkait:  NTB Geliatkan Pariwisata Andalan dan Strategis

“Walaupun kita baru pertama mengikuti, tetapi dari perangkat-perangkat yang standar Global Sustainable Tourism Counsult (GSTC) kita sudah ada bagian-bagian yang signifikan. Selain itu ada aspek yang paling menonjol yang bisa dipetik oleh destinasi lain dan kita dapatkan,” terangnya.

Bagi Ispan ajang ini bukan hanya sekedar kompetensi saja, namun juga sebagai ajang motivasi bagi destinasi wisata di seluruh Indonesia dalam rangka memenuhi standar Suistainablelity dalam pengembangan destinasi pariwisata.

“Suistainablelity atau pariwisata berkelanjutan itu indikatornya banyak. Ada 104 indikator dan pekerjaan itu membutuhkan kolaborasi dengan berbagai kepentingan,” kata Ispan.

Berita Terkait:  Promosikan Keindahan Sekotong, Dispar Lobar Gelar Parade Budaya

“Saya kira kedepan ini menjadi pembelajaran yang luar biasa bagi komponen yang ada di Lombok Barat, stakeholder-stakeholder di dalam, baik komunitas untuk membantu destinasi pengembangan tata kelola,” lanjutnya.

Sekedar informasi, dalam ajang ini, dari 300 peserta se-Indonesia kemudian disaring menjadi 37 peserta. Untuk menentukan juaranya, panitia akan memilih 17 peserta terbaik dan menjadi juara yang memenuhi empat kategori.

Yaitu kategori ekonomi, kategori sosial dan budaya, kategori tata kelola, dan kategori lingkungan. Dari keempat kategori tadi, siapa yang unggul akan menjadi juara satu, dua, tiga dan empat di masing-masing kategori dan akan diumumkan pada tanggal 26 September mendatang.

Berita Terkait:  Pelayanan Menentukan Majunya Pariwisata

Tak hanya itu, Kementerian Pariwisata RI selanjutnya akan terus melakukan pembinaan kepada 37 peserta yang sudah dipilih sebelumnya. (NM4)