Beranda PARIWISATA NTB Tutup Pintu Masuk di Tiga Gili

NTB Tutup Pintu Masuk di Tiga Gili

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah menegaskan bahwa pintu masuk di tiga gili (terawangan, air dan meno) ditutup.

Penutupan pintu masuk di tiga gili itu, guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Terutama dari kunjungan wisatawan asing.

Sebagaimana ditegaskan Gubernur, penutupan pintu masuk akan berlangsung selama dua minggu atau 14 hari, mulai dari tanggal 16 Maret 2020.

“Akses pintu masuk ke Gili kita tutup sementara untuk memastikan destinasi itu bebas virus Corona,” kata Bang Zul kerap Gubernur disapa, Ahad (15/3) di Mataram.

Berita Terkait:  Wonderful Sail to Indonesia 2019, Sumbawa Manjakan Peserta Yacht Selama Lima Hari

Menurut dia, selama ini kawasan tiga Gili selalu dipenuhi wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Khususnya, wisatawan dari mancanegara yang datang melalui Bali.

“Karena disana (Bali) sudah ditemukan kasus positif virus corona, jadi akses ketiga Gili kita tutup sementara,” ujarnya lagi.

Selain menutup akses pintu masuk ke tiga Gili, sejumlah agenda wisata dan keagamaan yang mengundang kerumana orang di NTB juga batal dilaksanakan.

Kemudian, pemeriksaan ketat juga dilakukan di Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah dan Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat.

Berita Terkait:  Dongkrak Kunjungan Wisman, Wagub Promosikan Wisata NTB di Dubai

“Kita lakukan langkah antisipasi. Tapi bukan kita ciptakan ketakutan di destinasi,” tegas Gubernur NTB.

Ditegaskan Bang Zul, apa yang dilakukan pihaknya menunjukkan bahwa Pemprov NTB sangat serius mengantisipasi dampak wabah virus corona dan memastikan destinasi di NTB aman.

“Selama penutupan kita akan lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh areal baik itu di bandara, pelabuhan dan destinasi wisata serta tempat-tempat keramaian orang,” pungkasnya.

Sekedar informasi, keputusan ini diambil dalam rapat koordinasi seluruh bupati dan wali kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipimpin Gubernur NTB H Zulkieflimansyah.

Berita Terkait:  Menarik dan Kreatif, Pawai Ogoh-Ogoh Berlangsung Meriah

Kemudian dihadiri pula oleh Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, Sekda NTB HL Gita Ariadi dan Forkopimda NTB dalam menyikapi wabah virus corona atau covid 19 di NTB. (red)