Beranda PARIWISATA Tenun Ikat Samawa Harus Berjaya di Daerah Sendiri!

Tenun Ikat Samawa Harus Berjaya di Daerah Sendiri!

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – “Tenun ikat samawa harus berjaya di daerah sendiri,” demikian hal itu dikatakan Ketua PKK kabupaten Sumbawa, Hj Amin Rahmani Husni Djibril, Senin 1 Oktober 2018 di Sumbawa – NTB.

Tenun ikat kata dia mesti dikenal, sebelum dikenal masyarakat daerah lain. Karena direncanakan kedepan, dapat menjadi bahan dasar seragam ASN di Kabupaten Sumbawa.

“Kedepan, kalau dilihat keinginan bapak bupati, ingin industri tenun di Sumbawa ini maju terus. Lebih dikenal masyarakat. Artinya, nanti seluruh seragam pegawai dari tenun ikat yang dibuat di daerah sendiri,” katanya usai meninjau pelatihan tenun ikat di UPT Batik Diskoperindag setempat.

Berita Terkait:  NTB Siap Kembangkan 30% Kawasan Konservasi, UNESCO : SAMOTA Resmi Cagar Biosfer Dunia

Istri Bupati Sumbawa ini mengaku optimis. Dimana industri tenun ikat Samawa akan terus menggeliat dengan adanya pelatihan kelompok masyarakat di UPT Batik Diskoperindag Sumbawa.

Selain itu, ketertarikan dunia usaha atau pihak ketiga dalam mengembangkan industri tenun ikat Samawa juga akan menjadi pemicu.

“Mungkin untuk kesana, karena ada pihak swasta yang telah menyatakan kesanggupannya untuk bekerjasama dengan pemerintah untuk kembangkan tetun ikat ini,” katanya, juga menegaskan, UPT Batik Sumbawa musti mampu memperkenalkan hasil tenun yang dikerjakan oleh pengrajin lokal. (NM2)

Berita Terkait:  Bang Zul : Sumbawa Butuh Event Rutin!