Beranda PARIWISATA Gerakan BISA Sasar Taman Narmada

Gerakan BISA Sasar Taman Narmada

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK BARAT — Setelah launching di Dermaga Tawun Desa Sekotong Barat Lombok Barat (Lobar) Sabtu lalu, program Gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman atau yang disingkat BISA pada Selasa (21/7) berlanjut di Taman Narmada, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

Program kegiatan padat karya yang merupakan gagasan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) ini diawali dengan breafing singkat sebelum melakukan kegiatan utama yaitu pembersihan dan pengecatan ulang objek-objek wisata yang ada di sekitaran Taman Narmada.

“Sesuai dengan nama programnya, apa yang kita tuju dari kegiatan ini adalah agar Taman Narmada kita ini bisa Bersih, Indah, Sehat dan Aman”, terang Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB L Moh Fauzal yang hadir langsung membuka kegiatan itu kemarin.

Berita Terkait:  Generasi Pesona Indonesia Siap Promosikan Pariwisata NTB

“Kalau taman kita ini sudah Bersih, Indah, Sehat dan Aman tentu bapak/ibu sekalian juga akan mendapat manfaatnya,” tambah Fauzal menyemangati 100 petugas penataan dan kebersihan yang terdiri dari karyawan serta masyarakat sekitar Taman Narmada.

Ia juga memberikan beberapa saran untuk pembenahan lingkungan taman, dari jalan menuju taman hingga ke kebersihan lingkungan luar taman.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat H Saepul Akhkam menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk memperindah kembali taman yang sarat sejarah ini setelah hampir 4 bulan tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Berita Terkait:  Danrem 162/WB Ajak Masyarakat Bangkitkan Wisata Lombok

“Di sinilah kita memulai kembali gembira berwisata dengan protokol Covid-19,” tegas Akhkam.

Menurutnya, gembira itu bermakna tidak hanya senang secara batin namun juga sehat secara fisik. Seperti yang selalu ia tekankan saat kunjungan maupun sosialisasi ke destinasi-destinasi wisata lainnya di Lombok Barat, penerapan protokol kesehatan Covid-19 adalah yang paling utama saat berwisata di masa pandemi sekarang ini.

“Sebelum menggembirakan orang lain yang berkunjung, gembirakan diri kita dahulu dengan standar protokol kesehatan Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, Kamarudin yang merupakan pengelola taman Narmada sendiri merasa sangat bersyukur Taman Narmada menjadi salah satu sasaran dari Program BISA ini.

Berita Terkait:  Lombok Utara Jadi Objek Wisata Dunia

“Tentu selain rasa syukur, tidak saja dari sisi pemberdayaan namun juga kami bisa mempekerjakan karyawan, pedagang maupun masyarakat yang terdampak Covid-19 sekitar taman ini, walaupun waktunya sebatas dua hari saja,” ucapnya.

Dengan adanya program ini ia juga berharap bisa menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat pengelola Taman Narmada agar tetap menjaga kebersihan, keindahan maupun kenyamanan tempat yang merupakan tempat persinggahan raja-raja terdahulu.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari Kemenparkraf RI, Camat Narmada, Kapolsek serta Danramil Kecamatan Narmada. (red)