Beranda PARIWISATA Evaluasi Promosi Pariwisata Akan Dilakukan Menyeluruh

Evaluasi Promosi Pariwisata Akan Dilakukan Menyeluruh

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dua agenda besar promosi pariwisata sumbawa, yakni Sail Moyo-Tambora dan Festival Pesona Moyo akan dilakukan evaluasi menyeluruh setelah pelaksanaan agenda Festival Kecamatan. Saat ini, Festival tingkat kecamatan masih berlangsung dibeberapa kecamatan, sehingga evalusi akan dilakukan kemungkinan dilakukan akhir tahun ini.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sumbawa, H Junaidi

“Dua kegiatan kita yang masuk agenda kalender nasional, Alhamdulillah sudah terlaksana. Tinggal kita sekarang ini, disisa waktu dua bulan kedepan ini, kita selesaikan festival di kecamatan-kecamatan. Karena kegiatan di kecamatan itu juga termasuk kalender even kita tahun ini,” kata Junaidi, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga  dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Selasa (16/10).

Berita Terkait:  Pedagang di Kawasan Sekawan Sejati Diminta Siapkan Tempat Sampah

Sehingga, seluruh kegiatan promosi wisata tahun 2018 akan dilakukan secara menyeluruh setelah festival tingkat kecamatan tuntas. “Disanalah nanti kita akan lihat, sejauh mana rangkaian kegiatan yang telah terlaksana. Kemudian dampaknya seperti apa. Persoalan yang kita hadapi seperti apa. Kira-kira peluang untuk tindak lanjuti tahun berikutnya bagaimana,” jelasnya.

Namun terpenting, yakni strategi yang akan diterapkan untuk tahun berikutnya, berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun ini. Dan pelaksanaan Sail Moyo tambora akan menjadi penanda dan  acuan besar untuk percepatan promosi wisata akan datang.

Berita Terkait:  Tinjau KEK Mandalika, Menpar : MotoGP 2021 Bakal Jadi Event Terbaik yang Pernah Ada

“Apapun yang kita laksanakan tahun ini, tentu akan menjadi bagian dari pondasi kegiatan kita untuk tahun akan datang. Gongnya tahun ini dengan pelaksanaan Sail Moyo-Tambora. Ini baru gongnya. Artinya, sukses pelaksanaan tindaklanjutnya. Apa tindaklanjutnya, ini yang paling penting,”tegasnya.

Dijelaskan, dari pelaksanaan Sail Moyo-Tambora, maka seluruh perangkat daerah yang terlibat langsung maupun tidak langsung, musti mengambil langkah strategis kedepan untuk menyikapi pelaksanaan ataupun evaluasi tahun ini. Termasuk merumuskan peluang-peluang yang akan diraih pada kegiatan berikutnya.

Berita Terkait:  Jelang Lebaran Topat, Masyarakat Diminta Tidak Berwisata

“Misalnya transportasi. Kita terkendala dibidang itu baik darat, laut, udara. Maka kedepannya akan akan seperti apa. Tentu kedepan musti ada upaya peningkatan, karena upaya kita untuk membangun wisata Sumbawa ini tidak bisa lepas dari transportasi yang baik,” ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan Sail Moyo-Tambora yang terlaksan atas sinergi semua pihak seperti pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, OPD dan dunia usaha, perlu terjalin lebih baik. “Semua musti satu kata. Agar gong yang sudah kita bangun tadi dapat lebih baik kedepan,” katanya. (NM2)