Beranda PARIWISATA Doktor Zul Resmikan Desa Wisata Bilelando

Doktor Zul Resmikan Desa Wisata Bilelando

BERBAGI

“SDM dan Lingkungan untuk Kemajuan Pariwisata”

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK TENGAH – Ahad (17/2), Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah di dampingi sang istri Hj Niken Saptarani Widyawati bertolak ke Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).

Kedatangan Doktor Zul di bumi ‘Tatas Tuhu Trasna’ ini melakukan peresmian Desa Wisata Bahari Bilelando dan Bilelanddo Community Base Tourisme, tepatnya di Dusun Kelongkong Praya Timur-Loteng.

Doktor Zul serta istri disambut langsung oleh orang nomor satu di Lombok Tengah, yakni HM Suhaili (Bupati Loteng).

Berita Terkait:  Gubernur NTB dan Menparekraf Berenang Pakai Masker, Bang Zul : Kalau Nggak Pakai Masker Nanti Viral!

Dikesempatan itu, Doktor Zul mengungkapkan selain didukung dengan SDM yang maju, keberhasilan pariwisata juga sangat ditentukan oleh lingkungan yang bersih, asri dan sehat.

“Sumber utama adalah SDM nya (kemajuan parawisata), tapi juga harus didukung dengan lingkungan yang bersih dan sehat,” tuturnya.

Menurutnya, dengan diresmikannya Desa Wisata ini, kedepan diharapkan pula Desa Bilelando menjadi desa yang maju, sejahtera, bersih dan asri.

Pada dasarnya sambung orang nomor satu di NTB ini, pemerintah provinsi mendukung segala kebutuhan demi kemajuan desa tersebut.

Berita Terkait:  Bentuk TFR, ITDC Siap Jalankan Skenario New Normal

“Yang paling penting, harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan menyiapkan toilet-toilet umum bagi para wisatawan. Tidak perlu mewah (WC Umum), cukup sederhana saja,” kata Doktor Zul.

Terkait dengan SDM untuk kemajuan desa ini kedepan lebih jauh diungkapkan Gubernur, ia meminta kepada pihak kementrian pariwisata bahari agar dapat memperhatikan pemuda di Desa Bilelando.

Sehingga, para pemuda bisa mendapatkan bea siswa program belajar keterampilan bahasa inggris dan memperdalam keilmuan di bidang wisata bahari.

Berita Terkait:  Promosikan Keindahan Sekotong, Dispar Lobar Gelar Parade Budaya

“Kalau bisa pemuda kita disini bisa lebih diperhatikan dalam pengembangan diri, baik pola beasiswa, program keterampilan dan memperdalam keilmuannya,” harap Gubernur NTB.

Untuk diketahui, selain Gubernur NTB, Ketua PKK NTB, Bupati Loteng turut pula hadir dikesempatan ini Deputi Bidang SDM, Iptek  dan Budaya Kementerian Koordinator Kemaritiman  RI, Andreas  Patria dan Kepala Desa Bilelando. (NM1)