Beranda PARIWISATA Dispar Apresiasi NTB Creative Hub 

Dispar Apresiasi NTB Creative Hub 

BERBAGI

MATARAM — Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Yusron Hadi Kamis (20/5) kemarin menerima audiensi Tim NTB Creative Hub diruang kerjanya. Ini dalam rangka membahas program pengembangan dan promosi ekraf di NTB.

Alta Rifan selaku Ketua NTB Creative Hub menjelaskan bahwa pihaknya menaungi comunitas pegiat industri kreatif yang beranggotakan kaum millenial. Berbagai kerja creative hub di topang oleh beragam latar belakang comunitas baik fashion, sinema, visual digital, arsitektur, music, desain grafis, fotografer, videografer dan sebagainya.

Bahkan, menurut dia, program-program yang telah dijalankannya banyak diantaranya membantu dan diharapkan bisa tune in dengan pengembangan kepariwisataan dna ekonomi kreatif di NTB.

Berita Terkait:  Festival Pesona Moyo 2018, Wabup Sumbawa Buka Main Jaran

Menanggapi itu, Kepala Dispar NTB – H Yusron Hadi sendiri menyambut baik. Karena memang, menurut Kadispar, karya-karya industri kreative ini satu asset yang harus dibangun guna memperkaya hasanah kepariwisataan NTB. Obyek wisata dan varian ekonomi kreatif menjadi daya yang menarik bagi setiap orang utk dikunjungi.

“Tentu kami di Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi kiat-kiat kaum milenial NTB yang tergabung dalam NTB Creative Hub untuk terus mengembangkan karya dan kreatifitas. Daya jelajah kreatifitasnya kini diuji dengan kehadiran berbagai destinasi wisata di NTB pun beberapa perhelatan event yang akan muncul dalam masa pandemi ini,” kata pria yang akrab disapa Bang Yus ini.

Berita Terkait:  Desa Kembang Kuning Surga Tersembunyi dengan Sejuta Pesona

Karya ekonomi kreatif, lanjut dia, hendaknya bisa mengisi destinasi wisata maupun event wisata yang ada. Etalase kreasinya di perluas supaya juga hadir di masing-masing ibu kota atau kabupaten/kota.

“Kita tentu senang ada ruang ekspresi kaum muda yang gila kreatifitas ini bisa di sediakan diruang publik, taman maupun ruang terbuka yang ada sehingga bisa mereka menunjukkan eksistensi dan menggairahkan mereka untuk terus berkarya,” kata Kadispar NTB.

“Apresiasi hendaknya di sematkan kepada mereka karena belum banyak yang punya talent seperti ini. Saat kedepan kita punya agenda HK Endurance Challange, Superbike dan MotoGP. Silahkan kawan-kawan yang tergabung dalam NTB Creative Hub bisa berpatisipasi memeriahkan event-event tersebut,” ajak Bang Yus.

Berita Terkait:  Ke NTB Lagi Yuk, Pariwisata Lombok Utara Siap Dikunjungi

Terlebih menurut Kadispar, pengayaan daya tarik obyek wisata di desa-desa wisata perlu diisi oleh giat-giat ekraf seperti yang diinisiasi oleh NTB Creative Hub. “Berwisata bukan semata menikmati alam, tapi juga budaya salah satunya melalui karya-karya industri kreatif yang berkembang,” pungkasnya. (red)