Beranda PARIWISATA Butuh Sinergitas Bangkitkan Pariwisata NTB

Butuh Sinergitas Bangkitkan Pariwisata NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK TENGAH – Berbicara tentang potensi atau keindahan alam di bumi Nusa tenggara Barat (NTB) mungkin tidak akan pernah ada habisnya.

Namun untuk menjaga atas apa yang diberikan oleh Allah SWT tentunya harus didukung pula dengan upaya nyata dari semua pihak, umumnya masyarakat NTB maupun pemerintah daerah, provinsi dan pihak pusat.

“NTB ini punya potensi. Butuh sinergitas semua pihak untuk menjaga dan membangkitkan semua ini (Pariwisata NTB),” kata Staf Ahli Menteri Pariwisata, Hesty Reksohastuti pada acara malam puncak ‘Pesona Bau Nyale 2019’ di Pantai Seger Kuta Mandalika.

Menurutnya, potensi yang bagus dimiliki terutama keindahan alamnya perlu diangkat untuk terus maju lebih baik lagi.

Berita Terkait:  Masyarakat Australia Padati Booth Promosi Lombok-Sumbawa di Festival Indonesia Pert 

Tentunya hal itu kata dia, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Tanpa adanya hal itu menurut dia, suatu hal yang mustahil.

Berbicara tentang pariwisata lanjutnya, bukan semata-mata tanggungjawab dari pihak pemerintah saja. Namun, hal ini juga merupakan tanggungjawab bersama.

Disisi lain masih kata Hesty, peran media masa sangatlah penting. Untuk itu diharapkan, kedepan berbagai event/festival Bau Nyale bisa lebih terkekspose luas menjadi ‘tranding topic’.

“Harus diangkat (Potensi Pariwisata NTB). Semoga kedepan bisa kita ekspose lebih besar lagi, dan tentunya peran rekan-rekan media sangat diharapkan dalam hal ini. Tidak hanya Lombok, begitu juga keindahan alam di Pulau Sumbawa, karena NTB ini terdiri dari Lombok dan Sumabwa,” pintanya sembari berpesan kepada masyarakat NTB untuk dapat menjaga kebersihan, keasrian atas keindahan pemberian dari Sang Pencipta.

Berita Terkait:  Menuju New Normal, Gili Tramena Akan Dibuka

Untuk diketahui, sebelumnya Wakil Bupati Loteng, Lalu Pathu Bahri menyampaikan bahwa ini merupakan tradisi rutin tahunan yang tetap diselenggarakan.

Tradisi ini kata dia, mendapat respon poistif dari berbagai kalangan baik di masyarakat lokal hingga para turis yang datang ke NTB, Lombok khususnya.

Dimana pada malam ini, merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dalam menangkap Nyale (Sejenis Cacing) di laut Kuta Mandalika.

Dimomen ini pula masih kata Wabup, tidak ada lagi perbedaan, yang mana semuanya berbaur menjadi satu dalam menikmati semua proses Bau Nyale.

Berita Terkait:  Bang Zul : Sumbawa Butuh Event Rutin!

“Mari kita jaga kondusifitas Lombok Tengah, jangan coreng Lombok Tengah, Lombok Tengah milik kita bersama. Dan saya yakin kita bisa membuktikan itu dengan semangat kekeluaragan dan semangat gotong royong,” demikian Wabup Loteng.

Untuk diketahui, selain Staf Ahli Menteri Periwisata, Wabu Loteng dalam acara ini dihadir pula oleh Wakil Gubernur NTB, Ketua DPRD NTB, Sekda NTB, Danrem 162/WB (Umumnya TNI/Polri), Sekretaris Menteri UMKM, Menko Maritim pejabat yang mewakili serta Forkompimda Loteng dan NTB. (NM1)