Beranda OLAHRAGA Pertandingkan Enam Cabor, Hari Ini O2SN SD Dimulai

Pertandingkan Enam Cabor, Hari Ini O2SN SD Dimulai

BERBAGI
Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Junaidi. (Dok : NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (O2SN) tingkat SD Kabupaten Sumbawa tahun 2019 dimulai. Sebanyak enam cabang olahraga (Cabor) kategori putra dan putri dipertandingkan.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, H. Sahril melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi mengatakan, pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan telah berupaya keras dalam melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kemudian lanjutnya, kegiatan ini lebih mengarah pada proses pembelajaran telah dilaksanakan di sekolah melalui program-program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan. Yakni melalui O2SN.

Berita Terkait:  Tak Hanya MotoGP, F1 dan Superbike Bakal Hadir di Lombok

“Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD merupakan kelanjutan dari kegiatan tetap yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa,” ujarnya Kamis (25/4) kemarin.

“Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani yang diselenggarakan secara berjenjang dari sekolah hingga tingkat nasional,” sambung Junaidi.

Diterangkannya, dengan adanya O2SN tingkat Kabupaten diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga,mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab

Berita Terkait:  Atlet NTB Optimis Raih 3 Emas di Peparpenas 2019

Menembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan  nasionalisme dan cinta tanah air dan menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik setingklat sekolah dasar di  seluruh Kabupaten Sumbawa.

Termasuk pula sambungnya, yaitu membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Kabupaten Sumbawa sebagai utusan yang akan berkompetisi pada O2SN Provinsi NTB.

“Peserta yang mengikuti seleksi O2SN Tingkat Kabupaten Sumbawa merupakan hasil seleksi mulai tingkat sekolah selanjutnya diseleksi kembali di masing masing Kecamatan se Kabupaten Sumbawa,” ungkap pria yang akrab disapa Jun ini.

Adapun Cabor yang dipertandingkan sebanyak 6 macam, diantaranya yaitu kids athletic, renang, senam, bulutangkis, karate dan pencak silat.

Berita Terkait:  Raih Medali di Sea Games 2019, Atlet Sumbawa Bakal Diberikan Reward

Sedangkan untuk lokasi pelaksanaannya dipusatkan di GOR Mampis Rungan, Sumbawa selama empat hari yakni mulai tanggal 25 April hingga 28 April.

“Besok (Hari Ini, Pembukaan O2SN, Red), berlangsung selama empat hari. Dan rencananya akan dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Sumbawa (H Mahmud Abdullah),” ucap Jun.

“Kami mengharapkan O2SN dapat memunculkan adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis. Terpilihnya siswa terbaik dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul atlet pada tingkat Kabupaten sumbawa serta terjalinnya kesatuan dan persatuan antara siswa melalui O2SN SD,” demikian Junaidi menambahkan. (NM3)