Beranda OLAHRAGA Pembangunan GOR Bertaraf Internasional Sumbawa Segera Dilelang

Pembangunan GOR Bertaraf Internasional Sumbawa Segera Dilelang

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) bertaraf internasional yang rencananya dibangun di Kabupaten Sumbawa tahun 2020 akan segera dilelang.

Saat ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) sudah menyiapkan dokumen lelang dan dalam waktu dekat diserahkan ke Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa.

Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa, Rosmin Junaidi S.Pt., M.Si mengatakan, seluruh dokumen lelang sudah disiapkan. Untuk mematangkan persiapan lelang, review Detail Engineering Design (DED) bersama sejumlah pihak terkait pun dilakukan di Ruang Rapat Lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (15/1).

“Semua dokumennya sudah siap. Nah ini kita mengajukan pertemuan itu untuk review siapa tau ada perubahan-perubahan. Kebetulan kita ada untuk review DED, ini yang kita lakukan,” ujarnya usai melakukan pertemuan kepada wartawan.

Berita Terkait:  SDN 2 Beleka Juarai Futsal Se-Pulau Lombok

Diungkapkannya, dalam review DED ada sejumlah penambahan anggaran. Sehingga akan kembali direncanakan lebih lengkap lagi, seperti penambahan pagar dan taman. Jika ini sudah selesai, maka dokumen lelang akan segera diserahkan ke Bagian LPBJP Setda Sumbawa.

“Rencana memasukan dokumen ke LPBJP di awal februari, sambil dari review ini kita perbaiki. Februari langsung kita proses pelelangan. Action fisik diharapkan dikerjakan bisa lebih cepat setelah proses lelang itu,” tambahnya.

GOR bertaraf internasional ini akan dibangun di eks Asrama Haji, dengan anggaran sekitar Rp 14,8 miliar bersumber dari DAK Sub Bidang OlahragaKemenpora. Anggaran tersebut terbagi untuk pembangunan fisik sekitar Rp 14,38 miliar dan sisanya untuk kelengkapan sarana dan prasarana penunjang olahraga.

Berita Terkait:  Doktor Zul Hadiri Penutupan Lomba Pacuan Kuda Angin Laut

Adapun penetapan GOR dari Kementerian kementerian harus melayani 6 cabang olahraga. Yakni  Lapangan Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Voli, Futsal dan Basket. Namun bisa juga digunakan untuk cabor lain, yang penting disyaratkan sudah dibangun dan harus bertaraf internasional. Kualifikasi, sarana prasarana, ukuran lapangan, taraf internasional.

Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri S.Ag mengatakan, pembangunan GOR bertaraf internasional ini melalui proses panjang dan atas komunikasi serius antara Pemda Sumbawa dan KONI.

“Alhamdulillah di tahun ini pembangunannya sudah bisa dilakukan. Dan Sumbawa memiliki GOR type B, selain GOR Mampis Rungan yang sudah ada,” ujar Fikri akrabnya disapa yang juga selaku Pimpinan DPRD Sumbawa.

Dengan terbangunnya GOR ini, diharapkan dapat memicu cabang olahraga dalam memunculkan para atlet berprestasi dan menggairahkan calon atlet baru dalam menekuni olahraga sesuai bakat masing-masing. Kedepan, juga diharapkan dan akan diupayakan di lokasi pembangunan GOR ini dapat dibangun stadion bertaraf nasional atau internasional.

Berita Terkait:  Belasan Club Ikuti Kejuaraan Bola Volly HUT Korem 162/WB di Dompu

“Harapan kami, KONI bersama Pemda yang ada disebut dengan sport center, disitu ada GOR, disitu ada stadion yang bertaraf nasional atau internasional. Namun di GOR ini ada yang representatif untuk cabang olahraga, ada futsal, voli, bulu tangkis, takraw semua ada disitu. Dan kapaitasnya sekitar 2700 penonotn dan dilengkapi tribun yang represntatif,” imbuhnya.

“Ini namanya Sumbawa Hebat dan Bermartabat. KONI nya hebat Sumbawa nya bermartabat,” tutup Fikri. (red)