Beranda OLAHRAGA O2SN SD 2019 Resmi Dibuka, Wabup : Menang atau Kalah Hal Wajar,...

O2SN SD 2019 Resmi Dibuka, Wabup : Menang atau Kalah Hal Wajar, Tetap Berjuang!

BERBAGI
Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa, H Mahmud Abdullah (Haji Mo') saat membuka O2SN SD 201 di GOR Mampis Rungan, Jum'at (26/4).

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Dasar se-Kabupaten Sumbawa tahun 2019 pada Jum’at pagi (26/4).

Kegiatan O2SN SD ini terpusat di GOR Mampis Rungan Sumbawa Besar. Upacara yang diawali dengan penampilan drumband SDN 11 Sumbawa dan deville kontingen 24 kecamatan, dilanjutkan dengan pembacaan janji wasit dan janji atlet.

Turut pula hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa, H Sahril, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi serta jajarannya. Tak hanya itu, terlihat juga, Kadis Kominfotik, para Camat, Kepala Sekolah, Para Guru, Pembina dan Pelatih.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan, bahwa kegiatan O2SN merupakan upaya untuk meletakkan pondasi dan tradisi keunggulan di bidang olahraga bagi siswa, selain sebagai ajang untuk mendidik, mencari bakat, dan mengembangkan jiwa sportivitas dalam diri anak-anak didik.

Berita Terkait:  Perkuat Kebersamaan, Korem 162/WB Gelar Futsal Bersama Wartawan

“Pengalaman telah membuktikan bahwa anak-anak kita mampu menunjukkan beberapa keunggulan baik tingkat regional maupun tingkat nasional di bidang ilmu pengetahuan dan juga di bidang olahraga. Kita berharap ke depan semakin banyak anak-anak kita yang dapat menunjukkan keunggulan di bidang olahraga,” ucap Wabup yang akrab disapa Haji Mo’ ini.

Ia juga berharap pertandingan ini dapat berjalan dengan baik, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan “fair play”, mengingat tidak saja mengandung jiwa kompetitif dalam berolahraga, akan tetapi juga untuk mendidik anak-anak sedini mungkin untuk bersikap jujur, adil dan berkarakter, dalam upaya membangun generasi muda Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Berita Terkait:  TP-PKK dan P2KBP3A Gelar Senam Sehat

“Menang atau kalah merupakan hal yang wajar dalam perlombaan. Tetaplah berjuang untuk melakukan hal terbaik karena kegiatan ini tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan prestasi di masa depan, dan anak-anakku yang mampu berprestasi pada O2SN Tingkat Kabupaten Sumbawa ini akan dipersiapkan dan dibina untuk menjadi utusan untuk berkompetisi pada O2SN Tingkat Provinsi NTB pada Bulan Juli mendatang. Saya ucapkan selamat berlomba, dan tetap semangat,” pungkas Wabup.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, H. Sahril melaporkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut selain untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga.

Berita Terkait:  Kadis Dikbud Sumbawa Lepas Kontingen O2SN SD

Kemudian lanjutnya, juga membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Kabupaten Sumbawa sebagai utusan yang akan berkompetisi pada O2SN Provinsi NTB, mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab.

Pun budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air, menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik setingkat sekolah dasar di seluruh Kabupaten Sumbawa. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan adalah kids athletic, renang, senam, bulutangkis, karate, pencak silat.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan atraksi senam Ahmad Lean Zaini siswa kelas V SDN Gelampar Kec. Alas Barat, yang berhasil meraih juara II  Tingkat Nasional dan memperolah medali perak di Yogyakarta beberapa waktu lalu. (NM3)