Beranda NASIONAL Tahun Gemilang, Muhammad Fadhlurrahman Ikut Pembinaan dan Seleksi IMSO 2019

Tahun Gemilang, Muhammad Fadhlurrahman Ikut Pembinaan dan Seleksi IMSO 2019

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Nampaknya, 2019 ini adalah tahun gemilang bagi Muhammad Fadhlurrahman siswa asal SD Negeri 1 Alas, Kabupaten Sumbawa-NTB.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril dan Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi. (Foto Desain : Bobby Maramis)

Betapa tidak, setelah lolos dan berhasil meraih medali perunggu pada OSN Tingkat Nasional 2019, kini ia diundang oleh Direktorat Pembinaan SD Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Yaitu untuk mengikuti pembinaan dan seleksi International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) 2019. Hal ini dipertegas melalui surat yang ditujukan kepada 16 Kepala Dinas Dikbud Provinsi lantaran berhasil menempatkan siswa peraih medali 2019.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Junaidi S.Pd., M.Pd kepada media ini, Ahad (28/7).

Berita Terkait:  Cara LPA NTB Tanamkan Toleransi Anak Sejak Dini

Selain Alul sapaan (M Fadhlurrahman) kata Junaidi, adapun dua siswa di NTB lainnya yang diundang. Mereka adalah Jovan Nathanil Permana asal SDK Tunas Daud Mataram dan Chelsea Elianore Jolene dari SDK Aletha Mataram.

“Para peserta dari NTB menempatkan peserta seleksi IMSO. Dimana Alul dan Chelsea ikut pada seleksi mata pelajaran matematika. Sedangkan Jovan mengikuti seleksi mata pelajaran IPA,” kata pria yang akrab disapa Jun ini.

Lebih lanjut dikatakan Jun, IMSO adalah seleksi di bidang sains dan matematika tingkat dunia. Dan Direktorat Pembinaan SD diundang untuk mengirimkan peserta sebagai delegasi Indonesia dalam event tersebut.

Berita Terkait:  Miliki Potensi Besar, “Kembang Kuning” Desa Wisata dengan Sejuta Pesona 

“Jadi ini juga dimaksudkan dalam rangka menjaring siswa yang akan menjadi peserta IMSO 2019. Direktorat PSD melaksanakan pembinaan dan seleksi yang akan dilaksanakan tanggal 4 hingga 10 Agustus 2019 mendatang,” demikian Junaidi.

Terpisah, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, H Sahril, S.Pd., M.Pd berharap, agar semua pihak dapat mendukung dan mendo’akan Alul sehingga dapat menjadi delegasi Indonesia dalam IMSO 2019.

Pihaknya memandang, bahwa keikutsertaan pada IMSO 2019 merupakan lonjakan positif yang menunjukan kualitas siswa di Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Jokowi Gelar Ratas, Zul : "Presiden Ingin Indonesia Segera Kembali Normal" 

Disamping itu pula kata Sahril, tentunya akan memberikan dampak bagi pembinaan matematika dan sains pada level internasional.

“Kepada Alul, kami berharap agar mempersiapkan diri mengikuti IMSO. Terutama mempersiapkan kemampuan di bidang matematika dengan pola mandiri dan terbimbing agar mampu lolos saat seleksi di Jakarta nanti,” harap mantan Kepala Dinas PMPTSP Sumbawa ini. (NM1)